Semua orang pasti pernah marah. Mungkin karena kondisi lelah sehabis bekerja, atau terkena macet panjang di jalan, bisa menambah pancingan rasa marah. Hal ini sangat manusiawi, namun jangan biasakan untuk meluapkan amarah Anda dengan melakukan tindakan di luar kontrol. Misalnya berteriak-teriak, hingga memaki orang yang menyebabkan kita marah.

Rasa marah yang tak terkendali bisa menyebabkan penyakit lho. Misalnya sakit kepala, sakit perut, tekanan darah tinggi, depresi, bahkan serangan jantung dan stroke.

Maka sebaiknya Anda mulai mengendalikan rasa marah dengan benar. Lebih tepatnya, dikontrol secara sehat. Bagaimana caranya?

1. Tarik napas panjang
Mungkin ini terdengar sepele, namun ketika rasa kesal atau marah datang, coba tenangkan diri Anda dan berhenti sejenak dari aktivitas Anda. Tarik napas dalam-dalam dan buang perlahan. Lakukan hal ini berulang selama beberapa kali. Biarkan oksigen masuk ke tubuh dan otak Anda akan membantu otak untuk rileks selama beberapa saat sehingga Anda bisa mengontrol rasa marah tersebut.

2. Identifikasi
Setelah menarik napas panjang dan merasa lebih tenang, cobalah untuk berpikir sejenak. Apa yang menyebabkan Anda marah? Kepada siapa Anda marah? Identifikasi ini berguna untuk menganalisis apakah amarah Anda objektif atau subjektif.

3. Gunakan logika
Memang jika rasa marah melanda, Anda hanya ingin melampiaskan langsung kepada orang lain. Namun sebagai seseorang yang dewasa, coba untuk tetap memakai logika Anda. Marahlah dengan cara yang dewasa, dan hindari bahasa fisik yang bersifat melawan, menjatuhkan, bahkan menyerang orang lain. Melakukan hal yang sifatnya negatif saat Anda sedang marah bisa menimbulkan penyesalan sesudahnya.

4. Lampiaskan kemarahan Anda
Kemarahan atau kekesalan memang harus dilampiaskan. Namun, pilih cara pelampiasan yang tidak menyakiti orang lain. Misalnya, menangis, tetapi lakukan di tempat yang tersembunyi. Cara lainnya adalah dengan berolahraga. Keluarkan energi kemarahan Anda itu dengan gerakan-gerakan yang menyehatkan.

5. Selalu berpikir positif
Orang yang pikirannya negatif akan sangat sulit mengendalikan amarah mereka. Maka dari itu, ubahlah persepsi diri Anda. Tanamkan pikiran positif selalu dalam diri. Berpikirlah bahwa rasa marah atau kesal itu hanya sementara. Banyak hal lain yang lebih penting daripada hanya marah-marah.

Psstt.. hidup terlalu indah untuk kita lewatkan dengan rasa marah yang berkepanjangan! Yuk, hidup lebih tenang dan happy.

Share Button