Ada pepatah mengatakan “Kita dapat menangkap lalat lebih banyak dengan madu daripada cuka”. Artinya kita akan dapat membuat orang lain mendengarkan apa yang kita katakan dengan memberikan mereka penghargaan bukan hukuman.

Sebagai seorang pemimpin dalam sebuah tim di perusahaan, jika Anda ingin membuat karyawan Anda mengubah perilaku mereka dan menuruti Anda, maka hal yang dapat dilakukan adalah memberikan mereka kekuatan positif terutama saat mereka melakukan apa yang Anda inginkan. Teladan yang paling baik yaitu diri Anda sendiri. Lakukan terlebih dahulu apa yang Anda ingin mereka lakukan.

Teladan yang paling baik yaitu diri Anda sendiri. Sifat marah-marah dan bossy tidak akan mengubah karyawan untuk menuruti Anda.

Sifat marah-marah dan bossy tidak akan mengubah karyawan untuk menuruti Anda. Yang ada malah mereka akan tidak suka terhadap Anda dan bermalas-malasan mengerjakan pekerjaan yang Anda tugaskan. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa penguatan positif adalah cara yang terbaik untuk mendorong perilaku yang lebih baik.

Ada dua penelitian terbaru, yang meneliti konsep tersebut sehingga dapat memberikan informasi kepada kita semua.

Studi 1: Konsekuensi dari hukuman akan mendorong sifat menipu

Banyak anggapan bahwa dengan menghukum seseorang maka dia akan jera melakukan tindakan tersebut. Namun sebuah studi baru yang dilakukan oleh McGill researchers mengindikasikan bahwa anak-anak malah berbohong kepada orang tua ketika menghadapi hukuman. Namun, ketika mereka didorong untuk memberitahukan kebenaran tentang kesalahan mereka tanpa ditakut-takuti dengan hukuman, maka anak-anak cenderung untuk jujur.

Victoria Talwar, seorang psikologi anak, mempelajari anak-anak yang berusia mulai dari 4-8 tahun, mereka diberitahukan agar tidak mengintip mainan yang disembunyikan ketika orang dewasa meninggalkan ruangan. Jika anak-anak diberitahukan bahwa ada hukuman bagi yang mengintip, mereka akan berbohong. Namun jika mereka diberitahu agar tidak mengintip dan memberitahukan hal yang sebenarnya tanpa ada hukuman, mereka akan mengaku mengintip.

Kesimpulan yang dapat diambil yaitu perasaan takut dan merasa dipojokkan, akan mendorong anak-anak untuk berbohong demi menenangkan orang dewasa di sekitar mereka dan mengamankan posisi mereka.

Hal ini juga berlaku jika Anda mengancam karyawan Anda dengan sebuah hukuman ketika mereka bersalah, maka mereka cenderung akan mencari cara untuk menutupi kesalahan dengan berbohong. Pada akhirnya Andalah yang akan dirugikan. Pertama, mereka tetap akan melakukan tindakan yang tidak Anda sukai. Kedua, hal ini dapat merusak mental dan suasana kerja di kantor. Tidak ada lagi rasa nyaman dan kepercayaan antara rekan kerja.

Studi 2: Penghargaan lebih baik daripada denda

Seorang penulis buku terkenal, Daniel Pink mempelajari tentang perilaku manusia. Dia mempelajari hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah pelanggaran kecil, seperti menyetir melewati batas aman, menyeberang jalan sembarangan, dan parkir di tempat untuk orang cacat. Jika melanggar maka tentunya si pelanggar akan mendapatkan denda.

Tetapi dia melakukan sebaliknya. Dia memberikan insentif atau penghargaan kepada orang yang mematuhi peraturan tersebut.

Dia menemukan bahwa orang-orang yang diberikan penghargaan agar tidak mengebut, mengurangi kecepatan mereka sekitar 1/3 dari normalnya. Dia juga mendapatkan hasil yang serupa ketika menerapkan hal tersebut bagi orang yang suka menyeberang sembarangan dan memarkir ditempat orang cacat.

Denda atau hukuman memberikan perasaan negatif di dalam pikiran kita. Tanpa sadar kitapun akan bereaksi negatif terhadap hal tersebut. Perilaku manusia didorong oleh banyak faktor, salah satunya adalah penghargaan emosional dan perasaan positif. Manusia akan cenderung merespon lebih cepat ke hal-hal yang sifatnya positif.

Manusia akan cenderung merespon lebih cepat ke hal-hal yang sifatnya positif, seperti penghargaan emosional dan perasaan positif. Kuncinya adalah bermainlah untuk memberikan stimulus terhadap perasaan manusia.

Jadi kuncinya adalah bermainlah untuk memberikan stimulus terhadap perasaan manusia. Hal ini akan mendatangkan keuntungan bagi Anda. Orang-orang di sekitar Anda akan cenderung menuruti apa yang Anda tugaskan dan terlebih lagi mereka akan melakukannya dengan senang hati dan tidak bersungut-sungut. Anda akan menciptakan suasana kerja dan sosial yang lebih kondusif.

Share Button