Ketika kita membicarakan masalah pola makan sehat, banyak artikel di luar sana yang memberikan segudang informasi, di antaranya bahkan menggabungkannya dengan diet sehat. Namun terkadang menimbulkan kontradiksi antara artikel yang satu dengan lainnya. Kali ini kami akan memberikan aturan makan sehat dengan narasumber lansung dari seorang ahli nutrisi.

Ya ini merupakan aturan dasar dari pola makan sehat yang harus diterapkan sehari-hari:

1. Penuhi piring dengan sayur-sayuran.
Untuk menyajikan piring makan yang sehat, penuhilah setengahnya dengan sayur-sayuran. Pilih sayuran yang segar atau renyah seperti brokoli, kacang polong, daun kale, maupun daun selada. Seperempat porsi lainnya bisa diisi kacang-kacangan, dan seperempat sisanya dengan protein tanpa lemak.

2. Sarapan yang seimbang.
Mungkin kita sering mendengar, dan memang benar, jika sarapan adalah saat makan yang paling penting. Sarapan yang sehat sangat berguna untuk meningkatkan metabolisme dan stamina tubuh sepanjang hari. Porsi idealnya yaitu memakan protein, lemak sehat, dan sedikit karbohidrat.

3. Jangan biarkan tubuh kelaparan.
Cara ini sangat tidak sehat. Percayalah bahwa berat badan tidak akan turun dengan membiarkan tubuh kelaparan. Jika kita tidak mengkonsumsi cukup kalori selama satu hari, maka kita akan cenderung untuk makan berlebihan pada saat malam. Jadi makanlah dengan porsi yang seimbang sepanjang hari.

4. Bertanyalah jika makan di restoran.
Jangan malu untuk bertanya tentang menu yang akan kita pesan di restoran. Bisa saja menu pembuka yang terlihat sehat, malah mengandung banyak mentega dan lemak tersembunyi. Sebagai tamu, kita berhak untuk menanyakan detail makanan yang akan kita pesan, mulai dari bahan-bahannya, sampai cara memasaknya. Kita bahkan bisa meminta ke restoran untuk menyajikan menu yang sehat.

5. Buat daftar belanjaan.
Jangan pernah pergi berbelanja pada saat lapar. Kesalahan lain yaitu kita tidak tahu apa yang dibutuhkan pada saat berbelanja ke supermarket. Ini akan mendorong kita berbelanja makanan kalengan daripada bahan makanan yang segar. Buatlah daftar menu selama seminggu dan catat apa saja yang dibutuhkan.

Share Button