Nyepi merupakan salah satu hari besar umat Hindhu di Bali. Pada saat Nyepi biasanya Bali akan menjadi kota yang mendadak sepi, tidak ada aktivitas apapun, dan bahkan suasanya gelap karena mereka akan mematikan lampu.

Kalau Anda ingin liburan yang tenang, sebenarnya waktu Nyepi merupakan waktu yang pas, karena biasanya turis lainnya jarang yang ke Bali pada saat itu. Jika Anda sekeluarga berencana ke Bali pada saat Nyepi, ada hal-hal yang harus diketahui supaya liburan Anda tetap menyenangkan dan tidak ada kendala.

1. Tentukan area mana.
Apakah Anda mau menginap di daerah selatan, seperti Kuta – Legian, Seminyak, Jimbaran, Uluwatu atau Nusa Dua? Daerah Barat Bali juga menarik, seperti Tabanan atau Negara. Jika menyukai ketenangan dan menginginkan suasana Bali yang masih traditional, coba pilih di luar selatan Bali. Ubud misalnya, atau coba cari resor atau hotel di daerah Karangasem dan Tabanan.

2. Cek dan ricek harga hotel.
Sebelum memutuskan untuk tinggal di suatu hotel, ada baiknya Anda mengecek dan membandingkan harga di hotel-hotel di Bali. Biasanya hotel di kawasan luar selatan Bali menawarkan harga yang lebih murah dan suasananya tidak kalah indah.

3. Promo paket Nyepi.
Setelah melakukan perbandingan harga, selanjutnya coba Anda cari informasi hotel-hotel di Bali yang menawarkan paket promo untuk Nyepi. Terkadang hotel mewah sekalipun mereka akan memberikan promosi di waktu-waktu tertentu.

4. Fasilitas dan kegiatan di hotel.
Biasanya pada saat Nyepi, Anda hanya akan menghabiskan waktu di dalam hotel saja. Tanyakan pada hotel Anda, fasilitas apa yang mereka miliki. Seperti spa, kelas yoga atau pilates, gym, dan kolam renang.
Biasanya pada saat Nyepi, mereka akan memberikan aktivitas tambahan untuk para tamu sehingga mereka tidak kebosanan. Misalnya cooking class, menonton film bersama, sampai aktivitas untuk anak-anak seperti kelas menggambar, kelas menari, ataupun kelas prakarya. Lumayan bukan?

5. Kegelapan saat malam.
Hal ini memang ciri khas pada saat Nyepi. Pada malam hari, lampu tidak boleh dinyalakan. Maka area di sekitar hotel pun akan gelap. Tak jarang hotel memperlengkapi tamunya dengan senter. Tanyakan pada pihak hotel, seberapa gelap kondisi hotel nantinya. Ini penting bagi Anda yang takut akan kegelapan.

Pada saat ini, ada baiknya Anda mencoba keluar ke teras dan melihat keindahan bintang-bintang di langit yang akan tampak lebih jelas karena suasana gelap.

Share Button