Tidur nyenyak ternyata sangat berperan penting dalam kesehatan, sama pentingnya dengan olahraga dan makan makanan sehat. Bahkan ada beberapa penyakit yang dikontribusikan dari faktor kurang tidur berkepanjangan. Namun sayangnya, saat ini orang lebih banyak memilih tidur lebih sedikit dan tidak nyenyak pula. Bukan berarti Anda harus bermalas-malasan dan lebih memilih tidur dibanding berangkat kerja ya.

Kenapa sih tidur nyenyak itu penting?

1. Orang yang tidur cukup cenderung makan lebih sedikit kalori.
Kurang tidur bisa menyebabkan nafsu makan meningkat dan menyebabkan pola makan yang buruk. Ini termasuk meningkatkan kandungan ghrelin, hormon yang mengatur selera makan dan menurunkan kandungan leptin, hormon yang mengontrol nafsu makan. Orang yang memiliki tidur cukup lebih bisa mengontrol pola makannya.

2. Tidur nyenyak meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.
Tidur cukup sangat berpengaruh terhadap fungsi otak. Ini meliputi kesadaran, konsentrasi, produktivitas, dan prestasi. Selain itu juga meningkatkan ketrampilan untuk memecahkan masalah dan meningkatkan daya ingat. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memberikan dampak buruk terhadap fungsi otak yang sama dengan mengkonsumsi alkohol.

3. Tidur cukup meningkatkan kemampuan motorik.
Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa para atlet basket, yang memiliki tidur lebih lama, mampu meningkatkan kecepatan, akurasi, respon, dan kesehatan mental mereka. Hal ini bukan hanya penting untuk seorang atlet saja. Penelitian terhadap 2.800 wanita menunjukkan kurang tidur menyebabkan kemampuan motorik menurun.

4. Tidur cukup meningkatkan daya tahan tubuh.
Sebuah penelitian menunjukkan orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari memiliki potensi 3 kali lipat terserang flu dibandingkan orang yang tidur 8 jam atau lebih dalam sehari. Jadi jika Anda terserang flu, cara sederhana untuk sembuh yaitu pastikan Anda tidur cukup, minimal 8 jam per hari.

medikalokaArtikel ini disponsori oleh Medikaloka dan telah diverifikasi oleh dr. Fiona Amelia, MPH, Compliance Care Coordinator di Medikaloka Healthcare.
Share Button