Anak-anak remaja mulai mengerti artinya uang. Jika anak sudah dikenalkan konsep menabung sedari kecil, anak pun harus dibimbing dalam mengelola tabungan mereka ketika beranjak remaja.

Dibandingkan dengan adik-adiknya, anak remaja terhitung lebih mudah mengerti uang. Mereka sudah mampu menyetor uang di bank sendiri dan memiliki tujuan keuangan. Tantangannya adalah bagaimana menjadikan menabung kebiasaan yang menyenangkan.

Kami akan membagikan beberapa tips bagaimana mendidik anak remaja Anda suka menabung.

1. Kenalkan dengan konsep uang. Ajari si anak bahwa uang jajan yang mereka dapat adalah penghasilan mereka. Dengan demikian, anak Anda mulai bertanggung jawab mengatur pos kecil keuangan mereka.

2. Ajarkan anak untuk memilah kebutuhan dasarnya yang harus dibiayai dari uang jajan tersebut. Misalnya membeli makan siang di sekolah, membeli buku, menabung, dsb. Jadi si anak mulai belajar mengenali prioritas dalam membelanjakan uang jajan mereka.

3. Stimulasi anak untuk memikirkan apa tujuan mereka menabung. Biarkan si anak memutuskan sendiri apa tujuan mereka. Misalnya mereka menginginkan sesuatu barang atau bertamasya. Jangan selalu penuhi apa yang mereka inginkan. Ajarkan mereka bahwa keingingan tersebut bisa dicapai jika si anak rajin menabung.

4. Ajak si anak untuk memeriksa tabungan mereka secara berkala, sehingga mereka belajar untuk memonitor tabungannya sendiri.

5. Jangan segan untuk memberikan reward kepada anak Anda jika dirasa mereka sudah memiliki disiplin dalam menabung. Misalnya mereka menginginkan sebuah barang namun sampai waktu yang ditetapkan, uang tabungan belum cukup padahal mereka sudah giat menabung. Maka sebagai orang tua, tidak ada salahnya menambahkan uang ke tabungan mereka sebagai reward karena mereka sudah disiplin menabung.

Sebagai orang tua, Anda pasti akan sangat bahagia bila si anak memiliki disiplin dalam menabung sejak dini. Itu sangat penting bagi masa depan mereka, terlebih jika mereka sudah bekerja di kemudian hari, si anak tidak akan memboroskan hasil keringat mereka karena mereka sudah dididik sejak dini untuk selalu menyisihkan uang penghasilannya untuk ditabung demi masa depan.

Ajarkan anak untuk memilah kebutuhan dasarnya yang harus dibiayai dari uang jajan tersebut, jadi si anak mulai belajar mengenali prioritas dalam membelanjakan uang jajan mereka.

Share Button