Di tengah kesibukan kita sehari-hari, sulit untuk mempertahankan kesehatan. Padahal, jika kita mengacuhkan kesehatan, akhirnya berujung sakit dan produktivitas menurun. Mungkinkah untuk menjadi orang sibuk yang sehat? Tentu saja! Dengan memulai dari hal yang sederhana, yang sangat basic namun masih sering kita abaikan. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut ini.

Pernah tiba-tiba merasa nggak mood? Mungkin Anda kurang minum.
Kelalaian pengelolaan pola minum – yang meski kelihatannya sepele – dapat mengganggu aktivitas Anda. Dalam berbagai cuaca maupun aktivitas, setiap orang perlu cairan yang cukup karena cairan dalam tubuh akan senantiasa berkurang seiring berjalannya aktivitas Anda.

Apa yang terjadi saat Anda kurang minum? Meski hanya kekurangan 1-3% cairan tubuh, energi dan mood Anda terancam menyusut, konsentrasi menurun, hingga timbul sakit kepala. Kekurangan cairan dalam jumlah ini sangat mungkin terjadi pada kegiatan normal Anda sehari-hari. Bayangkan apabila Anda berolahraga atau dalam cuaca panas.

Kekurangan 1-3% cairan tubuh, energi dan mood Anda terancam menyusut, konsentrasi menurun, hingga timbul sakit kepala.

Makanya, penting untuk membiasakan diri agar minum cukup. Seberapa banyak? Sebenarnya tidak ada takaran persisnya, karena setiap orang memiliki aktivitas dan tipe tubuh yang berbeda-beda, ditambah faktor-faktor lainnya. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memercayai rasa haus Anda. Dengan itu saja, Anda bisa mengetahui kapan dan seberapa banyak Anda perlu minum. Alternatif tambahannya adalah dengan minum air berselang waktu yang ditentukan, baik sedang haus maupun tidak, misalnya tiga teguk setiap satu jam.

Mulai hari Anda dengan sarapan sehat yang mudah disiapkan.
Sarapan merupakan asupan energi terpenting untuk memulai hari Anda. Jika Anda lebih memilih tidak sarapan sebelum berangkat beraktivitas, maka Anda perlu mempertimbangkannya kembali. Sarapan mampu memberikan Anda energi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan hari Anda. Di sisi lain, tidak sarapan bisa membuat hari Anda tidak maksimal dan cenderung makan berlebihan karena kelaparan di siang hari.

Tidak sarapan bisa membuat hari Anda tidak maksimal dan cenderung makan berlebihan karena kelaparan di siang hari.

Kabar baiknya, pilihan menu sarapan sehat Anda tak terbatas. Mulai dari perpaduan roti gandum panggang, alpukat, dan telur yang memanjakan lidah dengan teksturnya; kombinasi susu, oats, pisang, kacang, dan taburan cinnamon yang menggelitik lidah; hingga smoothie berisi yogurt, buah beri, pisang, dan air kelapa yang lembut di mulut. Apapun menu sehatnya, sesuaikan dengan selera Anda sehingga sarapan sehat ini mampu membangkitkan nafsu makan Anda yang sering tidak merasa lapar, dan mengenyangkan Anda yang sering kelaparan di pagi hari.

Kebanyakan orang – terutama masyarakat perkotaan – kurang tidur, mengapa?
Entah karena harus belajar, bekerja, maupun untuk kesenangan tersendiri, selalu saja ada alasan yang membuat kita tidak tidur cukup. Padahal, akibat dari kurang tidur tidak hanya membuat kita mengantuk. Kurang tidur bisa memengaruhi mood, kemampuan otak untuk menyerap dan menyimpan informasi, hingga meningkatkan risiko Anda mengalami cedera atau kecelakaan. Jangka panjangnya, kurang tidur kronis bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Obesitas, penyakit jantung, dan diabetes merupakan sedikit contohnya.

Cepat atau lambat, Anda perlu menyadari bahwa waktu tidur memengaruhi kualitas hidup Anda. Jadi, jika biasanya Anda hanya menyiapkan waktu untuk bekerja, makan, jalan-jalan, dan sebagainya, maka tidak ada salahnya jika Anda juga menyediakan waktu untuk tidur cukup.


Demi mencapai kesehatan yang optimal, perlu ada keseimbangan yang dapat diciptakan melalui pola hidup sehat. Dengan memulai dari hal-hal dasar yang telah kami jelaskan di atas, Anda tidak akan kesulitan untuk melanjutkan kebiasaan-kebiasaan sehat tersebut ke tingkat selanjutnya.

Share Button