Daripada menganggapnya sebagai tugas yang susah, anggap berhenti merokok sebagai tantangan yang seru. Jika berhasil, hasil jerih payah Anda pasti tidak akan sia-sia. Anda hanya perlu fokus pada hal-hal terbaik yang akan Anda peroleh. Apa sajakah itu?

Badan sehat, kantong hemat
Berhenti merokok pasti memberikan Anda kesehatan yang selama ini ditunda-tunda. Detak jantung dan tekanan darah Anda akan berangsur normal, aliran darah Anda kembali lancar membawa oksigen, kesehatan paru-paru dan tubuh Anda keseluruhan membaik secara bertahap.

Tapi, yang lebih jarang orang sadari adalah seberapa banyak penghematan mereka dengan berhenti merokok. Mungkin jika dihitung per hari tidak seberapa, namun jika dihitung per tahun, bayangkan berapa banyak uang yang telah Anda hemat berkat berhenti merokok. Mungkin ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah. Hematnya pun bukan hanya di masa kini, yang bisa Anda manfaatkan untuk hal lain seperti asuransi kesehatan atau investasi, tapi juga hemat di masa depan karena Anda telah mencegah berbagai jenis penyakit akibat rokok.

Sambut kembali kepekaan indra perasa dan pencium Anda
Menurut National Cancer Institute, berhenti merokok dapat mengembalikan kepekaan indra perasa dan pencium Anda yang sebelumnya telah ditumpulkan oleh kandungan racun rokok. Pemulihan ini porsinya berbeda bagi setiap orang. Ada yang signifikan, ada yang tidak terasa saking kecil perbedaannya. Tapi hal terbaik dari kembalinya kepekaan indra perasa dan pencium Anda antara lain adalah membaiknya selera makan. Makanan yang mungkin tadinya terasa hambar bisa menjadi lebih lezat berkat kembalinya kepekaan indra Anda.

Selamat tinggal keriput
Sadarkah ketika Anda merokok, kulit Anda jadi terlihat lebih tidak sehat? Dibanding non-perokok, kulit perokok cenderung lebih tidak elastis dan lebih cepat muncul kerutan dan kantung. Selain karena kandungan zat-zat kimia pada rokok yang merusak protein pada kulit, oksigen dan vitamin A yang harusnya muncul ke permukaan kulit juga terhambat akibat nikotin yang menyusutkan pembuluh darah. Setelah Anda berhenti merokok, kulit Anda akan kembali lebih sehat dan elastis, menghindarkan Anda dari keriput dini akibat rokok.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Percayalah, berhenti merokok adalah hal terbaik untuk hidup Anda. Manfaatnya yang tak terbatas bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda akan sangat sepadan dengan perjuangan Anda menuju hidup lebih sehat. Jangan menyerah!

Share Button