Sebagian besar waktu kita gunakan di dalam ruangan. Entah itu bekerja di dalam kantor, belajar di dalam kelas, berolahraga di dalam gym, hingga beristirahat di dalam kamar. Kabar gembira bagi kita yang hidup di negara tropis, matahari tak pernah lelah menghangatkan hari-hari kita. Makan siang di taman atau jalan santai di sekitar kompleks perumahan Anda bisa menjadi kegiatan yang mudah, menyenangkan, dan menyehatkan. Apa saja sih manfaat meluangkan waktu di luar ruangan?

Rekreasi gratis untuk menyegarkan badan dan pikiran Sinar matahari membantu melepaskan hormon endorfin yang membuat kita merasa senang. Oleh karena itu, berada di dalam jangkauan sinar matahari sudah cukup sebagai rekreasi singkat untuk menyegarkan badan dan pikiran Anda di tengah kesibukan. Ruang terbuka, udara segar, aktivitas fisik, dan sinar matahari secukupnya merupakan kombinasi yang sempurna untuk menghilangkan stres dan meredakan depresi Anda secara gratis!

Cara yang baik untuk menyalurkan energi anak-anak Anda Jika anak Anda sangat aktif, bermain di luar ruangan bersama mereka merupakan kegiatan yang disarankan. Salah satu cara paling sederhana untuk tetap membuat mereka terhibur adalah dengan mengajak mereka bermain di halaman, atau membawa jalan-jalan binatang peliharaan Anda bersama anak-anak.

Atasi jet lag di kala bepergian Liburan ke luar kota atau luar negeri bisa menjadi tidak nyaman jika Anda mengalami jet lag. Hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasinya adalah dengan meluangkan waktu di luar ruangan pada siang dan sore hari. Dengan bantuan sinar matahari dan hormon melatonin dari tubuh, jam biologis Anda akan lebih mudah disetel ulang. Sehingga, tubuh Anda jadi lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Sumber vitamin D untuk tubuh Vitamin D memiliki peran penting untuk kesehatan tulang dan berkaitan dengan berbagai sistem tubuh, seperti kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Berdasarkan riset yang disampaikan pada konferensi European Society of Human Genetics, vitamin D juga membantu menurunkan tekanan darah. Hasil riset tersebut menunjukkan, orang yang kekurangan vitamin D memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibanding orang yang cukup vitamin D. Nah, cara termudah untuk memperoleh vitamin D secara alami adalah dengan memaparkan diri pada sinar matahari secukupnya.

Sumber Inspirasi Berada di luar ruangan bisa membuat Anda lebih dekat dengan alam. Pemandangan pepohonan rindang, bunga-bunga yang bermekaran, dan suara kicauan burung mampu memperlambat laju pikiran Anda. Sejenak, otak Anda berisitirahat dan berpikir dengan tenang. Pada momen itulah, inspirasi terbaik Anda bisa muncul.

Mulai dari menjadi relawan komunitas berkebun atau perlindungan satwa liar, mengikuti kelas menari di ruang terbuka, hingga sesederhana bergabung dalam klub sepeda, ada banyak sekali kegiatan luar ruangan yang menyenangkan sepanjang tahun. Yuk, bermain di luar dan tetap aktif.

Share Button