Sadarkah Anda bahwa kita tinggal di negara yang sungguh aneh dengan daya tarik yang jarang ditemukan di tempat lain di dunia? Berikut ini beberapa alasan yang dapat membuat Indonesia disebut sebagai negara yang spektakuler dengan keunikannya.

KawahIjenFirePit

1. Ada lava berpendar biru dari dalam gunung
Kebanyakan orang mungkin akan keheranan saat melihat lava menyala biru. Lava aneh ini berada di Kawah Ijen, Jawa Timur. Warna lava di Kawah Ijen tak hanya indah, tapi juga misterius, yang tidak biasa ditemukan di gunung berapi lainnya. Pendar biru ini berasal dari gas sulfur yang berinteraksi dengan udara pada suhu yang sangat tinggi, memicu api yang menyala biru. Berada di Kawah Ijen, Anda bisa merasa seperti sedang berada di dunia lain, menilik pemandangan api biru yang tampak mengalir pada malam hari.

kelimutu lake

2. Ada danau yang bergonta-ganti warna
Danau ini berada di Gunung Kelimutu, Flores. Anehnya, warna air danau ini bisa berubah-ubah tak menentu, pengaruh dari aktivitas vulkanik gunung dan cahaya matahari. Ada Danau Nuwamuri Ko’o Fai, Danau Ata polo, dan Danau Ata Bupu. Ketiga danau ini bisa berubah warna, misalnya yang semula berwarna biru bisa berubah menjadi putih, yang semula berwarna hitam bisa berubah menjadi hijau, dan yang semula berwarna hijau bisa berubah menjadi merah. Penduduk sekitar Kelimutu memercayai bahwa warna-warna danau ini menandakan tempat bersemayam para arwah orang muda, orang tua, dan orang jahat.

komodo islands

3. Ada satwa liar yang menakjubkan
Ada kadal terbesar dunia di Nusa Tenggara. Hewan purba yang telah ada jutaan tahun yang lalu ini mampu membuat kita merasa berada dalam film yang menegangkan. Bagaimana tidak? Komodo dewasa bisa memiliki berat hingga 135 kilogram dan panjang 2-3 meter, belum lagi melihat panjang ekornya yang hampir sama dengan panjang tubuhnya.

Ada ubur-ubur yang tidak menyengat di Kalimantan. Tidak perlu takut tersengat ubur-ubur saat Anda berenang di Danau Kakaban meski jumlahnya ribuan. Ubur-ubur yang ada di sini telah kehilangan kemampuan untuk menyengat karena sudah berevolusi akibat tidak terpapar arus laut.

pink beach

4. Ada pantai yang pasirnya berwarna merah muda
Pantai cantik berpasir merah muda ini berada di Pulau Lombok dan Pulau Komodo. Bagaimana bisa pasir yang umumnya berwarna cokelat keemasan itu menjadi merah muda? Beberapa berpendapat warna ini berasal dari pecahan karang yang banyak ditemukan di pantai tersebut, atau dari foraminifera – hewan mikroskopik – yang menghasilkan warna merah pada terumbu karang. Pesona pantai merah muda ini hanya bisa ditemukan di tujuh tempat di dunia dan Indonesia merupakan salah satunya.

Gumug-Pasir-Parangkusumo-jogja

5. Ada gurun pasir di negara bercurah hujan tinggi
Sungguh aneh, Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis dengan curah hujan cukup tinggi bisa memiliki gurun pasir. Wilayah di Yogyakarta sepanjang lebih dari 15 kilometer ini biasa disebut “Gumuk Pasir” yang terbentuk akibat pergerakan angin. Perubahan temperatur di Gumuk Pasir juga ekstrem dari sangat panas pada siang hari hingga sangat dingin pada malam hari. Fenomena alam ini sangat menarik hingga dijadikan objek wisata dan penelitian.

Ada begitu banyak alasan untuk menelusuri Indonesia, dan tidak ada alasan untuk berhenti menjelajah berbagai kekayaannya yang menanti untuk Anda temukan. Yuk, jelajahi Indonesia hingga segala penjurunya!

Share Button