PPermainan sederhana bisa menjadi salah satu bentuk edukasi yang menyenangkan bagi anak untuk mengembangkan potensinya. Oleh karena itu, jenis permainan yang Anda pilih untuk anak Anda sangatlah penting. Permainan sederhana apa saja ya yang bisa dilakukan bersama anak balita Anda?

1. Utak-utik puzzle
Tidak perlu membeli puzzle di toko mainan, Anda bisa membuat puzzle sederhana sendiri di rumah. Peralatan yang Anda butuhkan adalah karton tebal dan gambar kesukaan yang dipilih oleh anak Anda. Setelah menempel gambar tersebut pada karton dengan lem kertas, gunting gambar menjadi beberapa keping. Selanjutnya, Anda tinggal memberikan puzzle tersebut ke anak untuk disusun kembali. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat biaya dan menciptakan puzzle bergambar baru setiap harinya. Daya pikir anak pun senantiasa berkembang dan tidak bosan dengan satu atau dua gambar puzzle yang itu-itu saja.

2. Rangkai kata
Tanpa memerlukan peralatan apa pun, Anda dapat bermain rangkai kata dengan anak Anda kapan pun dan di mana pun. Cara memulainya adalah dengan mengucapkan satu kata, misalnya “Ayah”, lalu anak melanjutkan dengan “Ayah berangkat”, lalu dilanjutkan dengan “Ayah berangkat ke”, dan dilanjutkan dengan kata lain secara bergantian hingga menjadi suatu kalimat. Lama-kelamaan, kata-kata yang disambung itu bisa menjadi cerita yang seru dan menyenangkan. Permainan ini akan membantu melancarkan kemampuan verbal anak, mengembangkan kreativitas dan imajinasi, serta melatih daya ingat mereka.

3. Boneka
Bermain boneka dapat meningkatkan perkembangan emosi yang penting untuk anak. Dengan boneka, anak dapat belajar kasih sayang dan kesetiaan karena boneka tersebut akan menemani anak selama bertahun-tahun dalam hidupnya. Memilih boneka yang sesuai untuk anak juga tak kalah penting. Pilih boneka yang tidak berbulu karena bulu-bulu kecil dan debu yang menempel dapat terhirup oleh anak, ukuran boneka lebih kecil dari anak sehingga dapat mudah dibawa dan dipeluk, dan boneka tidak memiliki bagian-bagian kecil yang dapat tertelan oleh anak.

4. Susun Menyusun Benda
Ada banyak hal yang bisa dijadikan permainan susun menyusun untuk anak. Misalnya gelas plastik berwarna-warni. Anak Anda akan belajar menyusun gelas tersebut dari ukuran terkecil hingga terbesar, sambil Anda memberi tahu nama-nama warna gelas yang sedang anak pegang. Selain gelas plastik, Anda juga bisa menggunakan balok berwarna-warni. Anak dapat berimajinasi dan berkreasi menghasilkan jembatan, mobil-mobilan, dan sebagainya. Permainan ini bermanfaat bagi perkembangan motorik anak dan meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah sederhana. Setelah permainan selesai, Anda bisa meminta anak untuk membantu mengelompokkan benda-benda tadi berdasarkan warnanya.

5. Permainan musik
Hal yang perlu Anda siapkan untuk permainan ini hanyalah musik. Ajak anak untuk bermain bersama musik, bergoyang mengikuti iramanya. Lalu saat musik berhenti, anak harus berhenti bergoyang dan mempertahankan posisinya selama beberapa detik. Anak boleh melanjutkan goyangannya saat musik kembali dimainkan. Serunya lagi, permainan ini dapat dilakukan bersama anak-anak lain. Semakin ramai semakin seru. Permainan musik lainnya bisa menggunakan kursi. Bedanya, saat lagu berhenti diputar, anak bukannya harus berhenti bergoyang, tapi cepat-cepat mencari kursi yang masih kosong. Permainan musik ini akan meningkatkan kemampuan motorik anak, membuat anak jadi lebih gesit bergerak.

Masih banyak lagi permainan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah bersama anak Anda. Seperti menggambar dan mewarnai, melempar dan menangkap bola, hingga sesederhana mengajarkan anak memakai baju dan mengikat tali sepatu. Segala permainan ini akan membantu mengembangkan kemampuan fisik, emosi, dan kreativitas anak Anda.

Share Button