Rumah adalah tempat paling nyaman untuk menikmati waktu senggang. Makanya, rumah perlu diatur dengan baik supaya kita terhindar dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang kadang tak kita sadari. Yuk, simak pertanyaan berikut dan cek jawaban Anda untuk mengetahui apakah rumah Anda membuat Anda gemuk.

Apakah jumlah layar di rumah Anda terlalu banyak?
Ada layar televisi di ruang tamu, di kamar, bahkan di mobil. Lalu, ada layar handphone di mana saja Anda berada. Duduk sambil nonton terlalu lama bisa menaikkan berat badan lho. Coba pertimbangkan untuk mengurangi layar di rumah, terutama yang ada di kamar tidur dan dapur, sehingga Anda tidak terlalu sering bengong di depan layar dan tergoda untuk mencamil. Anda pun jadi lebih aktif mencari kegiatan lain yang lebih produktif.

Apakah lemari makanan Anda sudah kepenuhan?
Lemari makanan yang sudah penuh akan membuat makanan lain yang tak muat masuk jadi berserakan di luar. Entah itu di atas meja, di depan kamar, atau di tempat lain yang mudah dilihat. Nah, makanan itu bakal menjadi pemicu “lapar mata”. Tangani segera dengan membersihkan dapur secara rutin dan buang makanan yang sudah kadaluwarsa. Hal yang tak kalah penting adalah berbelanja secara efektif.

Apakah buah-buahan berada di tempat tersembunyi?
Makanan sehat sering tidak terlihat dan jadi terlupakan di rumah karena biasanya harus disimpan dalam kulkas. Selain itu, kadang malas rasanya untuk membersihkan, mengupas, atau merebusnya terlebih dahulu dan baru bisa dimakan. Beda dengan camilan berkalori tinggi yang tahan lama disimpan di mana pun dan bisa langsung dimakan. Untuk mengatasinya, letakkan mangkuk berisi buah-buahan yang lebih tahan lama di atas meja makan. Persiapkan dari sebelumnya buah dan sayur yang harus disimpan dalam kulkas menjadi siap saji. Dengan begitu, makanan sehat bisa jadi pilihan utama Anda untuk kudapan praktis.

Apakah suhu rumah Anda selalu nyaman dan hangat?
Hidup di negara tropis yang selalu hangat bisa membuat tubuh tidak perlu mengeluarkan energi untuk menghangatkan diri. Para ahli mengatakan bahwa hal ini bisa menyebabkan obesitas. Untuk menyiasatinya, coba turunkan suhu AC di kamar. Tubuh akan cepat beradaptasi pada suhu yang lebih dingin dan memacu metabolisme.

Apakah cahaya rumah Anda redup?
Kurang tidur bisa mengacaukan hormon leptin yang mengatur fungsi metabolisme dan membuat Anda lapar. Penelitian dari International Journal of Endocrinology menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur dan berada dalam cahaya redup di pagi hari memiliki kadar konsentrasi hormon leptin yang lebih rendah dibanding mereka yang terkena cahaya lebih banyak. Untuk mengatasinya, buka lebar tirai rumah setiap pagi agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah dan menyinari hari Anda. Saat hari mulai gelap, segera nyalakan lampu rumah.

Apakah ukuran piring Anda terlalu besar?
Ukuran piring terkesan tak penting untuk diperhatikan, tapi coba pertimbangkan bahwa ukuran piring yang besar mengelabui pikiran bawah sadar Anda untuk menaruh lebih banyak nasi atau lauk sehingga Anda mengonsumsi lebih banyak kalori. Pastikan ukuran piring dan mangkuk Anda ideal, yaitu tidak lebih dari 25 cm.

Jika jawaban Anda adalah “ya” untuk sebagian besar pertanyaan di atas, rasanya sudah saatnya memperbaiki rumah supaya jadi lebih menyehatkan!

Share Button