Liburan adalah momen di mana kita ingin keluar dari rutinitas dan menikmati berbagai aktivitas yang mungkin tak bisa dilakukan dalam keseharian kita. Tapi, kegiatan-kegiatan ini berpotensi membahayakan kesehatan jika berlebihan. Berikut ini contohnya.

Pola tidur yang tak teratur bisa memengaruhi pola makan dan berujung pada dehidrasi dan kurangnya asupan energi. Malas mementingkan kebersihan, terlalu lama di dalam kamar hotel, dan terlalu berani menantang maut selama liburan juga dapat membahayakan kesehatan Anda.

1. Pola tidur yang berantakan
Saat libur, kita cenderung tergoda untuk tidur lebih malam atau bangun lebih siang. Lama kelamaan, pola tidur bisa berantakan yang akhirnya juga memengaruhi pola makan Anda. Sarapan jadi sering diabaikan karena sudah keburu siang. Makan dan minum saat di perjalanan juga kerap dilewatkan karena tidak ada restoran yang menggoda selera, atau karena malas buang air kecil di toilet umum. Hal ini bisa berbahaya saat Anda mengalami dehidrasi akibat kurang minum atau kecapekan karena kurang asupan energi untuk beraktivitas.

2. Malas mementingkan kebersihan
Kenikmatan liburan dapat terganggu saat memikirkan barang-barang yang harus dibawa, terutama pakaian. Tentu saja kita menginginkan bawaan yang ringan. Namun, kebersihan bisa jadi hal yang dikorbankan. Mungkin Anda malas membawa banyak baju dan akhirnya memakai baju yang itu-itu saja selama berhari-hari padahal sudah kena keringat atau kotoran. Malasnya pun menular hingga malas mencuci tangan, mandi, atau malas-malas lainnya yang dapat membuat bakteri dan virus menempel di tubuh kita.

3. Menghabiskan terlalu banyak waktu di kamar hotel
Tahukah Anda bahwa kamar hotel dapat meningkatkan risiko masalah pernapasan, bahkan kanker? Menurut artikel dari Medical Daily, produk pembersih yang mengandung racun dapat terhirup oleh tamu akibat kamar hotel cenderung tidak memiliki sistem ventilasi yang baik. Selain itu, penyebaran penyakit oleh air yang terkontaminasi – misalnya kontak melalui keran, AC, atau kolam di hotel – mungkin terjadi dan dapat menyebabkan penyakit seperti pneumonia. Memanfaatkan waktu di hotel untuk beristirahat merupakan hal yang penting untuk mengisi kembali energi Anda, namun jika terlalu lama, bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit.

4. Terlalu berani menantang maut
Saat ini ada banyak sekali pilihan aktivitas pemicu adrenalin sebagai hiburan. Mulai dari sekadar bermain gokart hingga melompat dari gedung tinggi menggunakan tali elastis. Saat liburan, kita kadang tergoda untuk mencoba hal baru tanpa mempertimbangkan kemampuan atau keadaan badan hanya demi memperoleh rasa senang atau bangga sesaat. Jika kesehatan dan keselamatan Anda diabaikan, apalagi jika Anda memiliki sejarah tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, kegiatan yang memicu adrenalin bisa membahayakan kesehatan dan bahkan nyawa Anda.

Jadi, adakah bahaya saat keenakan liburan? Ada saja, tapi bisa dicegah dan diatasi kok dengan persiapan yang baik! Silahkan unduh Health Guide by Age kami sebagai panduan lebih lanjut menuju hidup yang lebih sehat.

Share Button