Mencari pengasuh anak atau babysitter yang baik dan cocok untuk anak memang memerlukan usaha, namun tentunya akan sepadan dengan keamanan dan kenyamanan anak Anda. Berikut ini tips mencari pengasuh anak yang baik.

Dengan melakukan lima langkah, yaitu mencari babysitter dari sumber terpercaya, menyiapkan pertanyaan-pertanyaan penting, mengetahui keahliannya, melihat kecocokan babysitter dengan anak, serta memberikan deskripsi pekerjaan yang jelas, Anda sudah berada pada jalur yang benar untuk memperoleh pengasuh yang baik untuk anak Anda.

1. Cari dari sumber yang terpercaya
Kepercayaan adalah hal utama yang dibutuhkan dari seseorang yang akan mengasuh anak Anda. Jika calon babysitter adalah orang yang Anda kenal, atau rekomendasi dari keluarga, teman, atau orang-orang terdekat lainnya, maka Anda akan merasa lebih aman dan nyaman dalam mempekerjakan babysitter tersebut.

2. Siapkan pertanyaan-pertanyaan penting
Apakah ia memiliki pengalaman menangani anak? Apakah ia mengerti pertolongan pertama dan teknik bantuan pernapasan? Hal tersebut penting karena ia bisa menjadi penyelamat anak dalam keadaan darurat, misalnya saat anak terjatuh atau keracunan makanan.

3. Pastikan keahlian babysitter memenuhi kebutuhan anak Anda
Moms, jika mengabaikan kriteria yang dibutuhkan, anak bisa jadi korbannya. Anda membutuhkan babysitter yang antara lain mampu beradaptasi dan cepat bertindak dalam berbagai kondisi, misalnya menangani reaksi alergi pada anak, dan mengerti bahaya apa saja yang harus dijauhkan dari anak, misalnya makanan atau mainan yang bisa membuat anak tersedak.

4. Berikan deskripsi pekerjaan yang jelas
Sebelum mempekerjakan babysitter, pastikan Anda telah memberikan informasi tentang kebutuhan anak Anda. Misalnya, kondisi medis atau alergi yang dimiliki, bagaimana cara makan dan tidur anak, seperti apa peraturan dalam rumah, dan sebagainya. Dengan begitu, babysitter paham tentang kewajibannya dan mengetahui apakah ia sanggup memenuhinya.

5. Lihat apakah babysitter peduli dan cocok dengan anak
Salah satu caranya adalah dengan mengobservasi selama satu hari percobaan. Lihat interaksi antara babysitter dengan anak Anda sambil memperkenalkan kebutuhan anak sehari-hari. Apakah anak Anda menikmati waktunya bersama babysitter? Bagaimana babysitter mendisiplinkan anak? Apakah dengan cara yang baik? Saat babysitter dan anak cocok, tentunya akan lebih mudah untuk membangun hubungan yang dapat diandalkan.

Nah, dengan melakukan lima langkah tersebut, Anda sudah berada pada jalur yang benar untuk memperoleh pengasuh yang baik untuk anak.

Share Button