“Duduk yang tegak!” “Jangan bungkuk!” Familier dengan teguran semenjak kecil oleh orangtua dan guru ini? Ternyata peringatan tersebut memiliki alasan yang kuat karena postur tubuh memiliki pengaruh besar terhadap bagaimana kita hidup dan apa yang kita rasakan setiap harinya. Postur tubuh yang kurang baik berpengaruh pada kesehatan tubuh, mulai dari nyeri leher dan punggung, hingga masalah pada aliran darah dan pernafasan.

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang dapat memperburuk postur tubuh:

1. Duduk dan bekerja di depan komputer seharian. Tubuh kita dirancang untuk bergerak. Jika digunakan hanya untuk duduk terlalu lama bisa mengundang berbagai penyakit. Selain itu, terus-menerus membentangkan tangan ke komputer juga menggunakan banyak otot bahu, dada, dan lengan yang dapat menarik bahu dan kepala Anda ke depan.

2. Berbicara di telepon, mengirim SMS, dan sebagainya. Mungkin Anda tak menyadarinya, memiringkan kepala saat menerima telepon, atau membungkukkan leher saat mengetik SMS, akan memperburuk postur tubuh.

3. Terlalu menekan bagian depan tubuh. Beberapa posisi tubuh, seperti duduk dan membungkuk, akan menekan bagian depan tubuh. Padahal, penting untuk meregangkan bagian depan badan dan melakukan gerakan yang menguatkan bagian belakang badan.

4. Duduk membungkuk selama di perjalanan. Menurut penelitian, getaran yang diciptakan oleh mesin – seperti di mobil, kereta, pesawat– dapat bergerak pada frekuensi yang melemaskan dan menenangkan otot. Meski kursi kendaraan cenderung tidak nyaman, hindari posisi membungkuk karena tubuh Anda jadi berada pada posisi yang kurang baik dan otot-otot Anda harus bekerja lebih keras untuk menyangga tubuh Anda.

5. Membawa tas yang terlalu berat. Hal ini jelas sangat memperburuk postur, apalagi jika membebani bagian tubuh yang sama setiap harinya.

6. Membungkuk ke depan dari punggung. Kegiatan seperti menggosok gigi atau mengangkat barang dari lantai menggunakan otot pinggang – otot terbesar dan terkuat tubuh. Ketika membungkuk, hindari lengkungan tubuh berbentuk “C”. Yang benar adalah, dorong tubuh dari punggung dan tumpukan berat pada kaki, sehingga tulang belakang Anda tetap berbentuk “S” alami.

7. Berdiri menggunakan tumit sebagai tumpuan. Sebagian orang berdiri tidak dengan seluruh permukaan telapak kaki sebagai tumpuan, tapi dengan bagian tumitnya saja. Hal ini dapat membuat kaki lemah dan memberikan tekanan lebih pada sendi pergelangan kaki, lutut, pinggul, dan sendi lainnya.

8. Stres berlebihan. Jika stres adalah bagian besar dalam hidup Anda, tubuh akan merefleksikan hal yang sama. Stres membuat otot-otot tegang dan memengaruhi postur tubuh. Salah satu efeknya adalah membuat tubuh menjadi lebih bungkuk.

Jika kebiasaan buruk ini telah berlangsung lama dan mengakibatkan rasa tak nyaman pada bagian tubuh, solusinya dapat berupa fisioterapi. Namun, untuk memperbaiki postur tubuh dalam jangka panjang, haruslah mulai membentuk kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik. Nantikan edisi berikut untuk solusi memiliki postur yang lebih baik.

Share Button