Siapa sih yang tidak terkena “serangan malas” saat harus kembali ke rutinitas setelah menikmati liburan panjang? Nah, hal ini juga pasti dialami oleh si kecil. Bila tak segera disiasati, bisa-bisa Anda yang kerepotan. Ini dia tips agar anak lebih antusias kembali ke sekolah.

Hindari kehebohan hari pertama anak kembali ke sekolah, antara lain dengan memberi si kecil perlengkapan sekolah yang baru. Hal ini bisa memicu semangat anak untuk masuk sekolah dan segera menggunakan perlengkapan barunya itu.

1. Sesuaikan kembali pola makan dan tidurnya
Setelah diperbolehkan tidur larut atau bangun siang selama liburan, sudah saatnya anak menyesuaikan kembali waktu tidur dan bangun pada jam normalnya. Lakukan ini beberapa hari menjelang sekolah supaya anak terbiasa bangun pagi kembali. Dengan begitu, anak tidak mengantuk gara-gara tidur kemalaman atau tak sempat sarapan karena bangun kesiangan saat mulai masuk sekolah.

2. Bahas topik mengenai sekolah
Caranya bisa sesederhana bertanya “Sudah lama ya nggak berjumpa teman-teman sekelasmu?” atau “Kamu mau pakai sepatu warna apa untuk hari pertama mulai sekolah nanti?”. Hal ini bisa membantu mengingatkan anak bahwa ia sudah perlu mempersiapkan rutinitas sekolahnya. Anda juga bisa mengajak anak bermain puzzle atau membaca buku supaya otak anak tetap terstimulasi.

3. Picu semangat anak dengan perlengkapan sekolah yang baru
Selain mengajak anak menyiapkan kembali perlengkapan sekolahnya, Anda juga bisa melengkapi perlengkapan yang masih kurang. Mungkin buku catatan anak sudah mau habis, tasnya sudah bolong-bolong, atau alasan-alasan lain untuk memberi anak perlengkapan sekolah yang baru yang bisa jadi penyemangatnya. Hal ini akan membuat si kecil tak sabar masuk sekolah dan segera menggunakan perlengkapan barunya itu.

4. Kembalikan fokus anak untuk belajar
Libur panjang bisa membuat anak hilang fokus pada pelajaran sekolah. Makanya, siapkan buku-buku pelajaran anak sekitar seminggu sebelum sekolah sambil mengulas sedikit demi sedikit tentang pelajarannya. Dengan cara ini, anak jadi lebih siap menerima kembali pelajaran di sekolah dan tetap fokus menggapai prestasi.

5. Sediakan waktu untuk beristirahat
Meski judulnya “liburan”, belum tentu anak memiliki waktu untuk istirahat. Minggu ini jalan-jalan ke luar kota sekeluarga, sore nanti bermain dengan teman-temannya di kompleks. Hal ini bisa membuat anak jadi kurang istirahat. Oleh karena itu, sisihkan satu atau dua hari sebelum mulai sekolah supaya si kecil cukup istirahat. Dengan begitu, anak jadi lebih semangat sekolah karena tak kelelahan.

Nah, hindari kehebohan hari pertama anak kembali ke sekolah dengan mengikuti tips ini ya, Moms.

Share Button