Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa sih yang membuat seseorang cerdas? Menurut penelitian para ahli, mulai dari ASI hingga ukuran pinggang ternyata dapat memengaruhi tingkat kecerdasan Anda. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Apakah Anda tidak merokok?
Penelitian pada 2010 membandingkan IQ 20.000 laki-laki yang merokok dan yang tidak merokok. Laki-laki usia 18-21 tahun yang merokok memiliki IQ rata-rata 94, sedangkan yang tak merokok memiliki IQ rata-rata 101. Lalu, laki-laki yang merokok lebih dari satu bungkus sehari hanya memiliki IQ rata-rata 90.

2. Apakah Anda mengikuti les musik?
Musik dapat membantu mengembangkan otak anak. Jadi, tak heran jika hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar musik dapat meningkatkan kecerdasan verbal dan IQ anak. Namun, penelitian pada 2013 menyatakan sebaliknya, bahwa anak-anak yang berprestasi kemungkinan besar memang senang mengikuti les musik, bukan musik yang membuat anak-anak berprestasi.

3. Apakah Anda anak sulung?
Kemungkinannya, anak sulung lebih cerdas dan sukses dibanding saudara-saudaranya yang lebih muda, meski IQ anak sulung rata-rata hanya lebih tinggi tiga poin dari adiknya. Hal ini lebih karena interaksi psikologis antara orangtua dan anak, bukan karena faktor biologis.

4. Apakah tubuh Anda langsing?
Tubuh yang sehat memiliki pikiran yang sehat. Hal ini dibuktikan berdasarkan penelitian terhadap 2.200 orang dewasa yang mengikuti tes kecerdasan. Kemampuan kognitif kelompok yang memiliki Body Mass Index – pengukuran lemak tubuh – kurang dari 20 mampu mengingat 56% kata-kata dalam tes kosakata, sedangkan kelompok yang obesitas atau memiliki BMI lebih dari 30 hanya mampu mengingat 44% kata-kata. Saat kelompok kelebihan berat badan mengikuti tes yang sama lima tahun kemudian, kemampuan kognitif mereka menurun menjadi 37.5%, sedangkan yang berat badannya seimbang dapat mempertahankan daya ingatnya.

5. Apakah Anda pernah diberi ASI?
Pemberian ASI pada anak dapat meningkatkan kecerdasan, rata-rata 7 poin IQ lebih tinggi berdasarkan penelitian pada 3.000 anak di Inggris dan Selandia Baru. Namun, hal ini berhubungan dengan gen yang dimiliki anak. Jika anak memiliki gen yang dinamakan FADS2, gen tersebut dapat membantu anak memanfaatkan ASI dan mendorong perkembangan otak yang berkaitan dengan IQ yang lebih tinggi.

6. Apakah Anda kidal?
Ternyata, orang yang kidal memiliki kemampuan berpikir lebih kreatif. Mereka mampu menciptakan ide-ide baru dan berbeda dengan cepat dalam tes yang diberikan oleh peneliti. Mungkinkah itu mengapa dunia arsitektur dan musik didominasi oleh orang kidal?

7. Apakah Anda berbadan tinggi?
Apa hubungannya tinggi badan dengan kecerdasan? Meski tak diketahui apa penyebabnya, penelitian dari Princeton membuktikan bahwa anak yang lebih tinggi memiliki hasil tes kognitif yang lebih baik secara signifikan.

Nah, apa jawaban Anda untuk pertanyaan-pertanyaan di atas? Jika kebanyakan adalah ya, maka kemungkinannya Anda cerdas di atas rata-rata!

Share Button