Ayo! Merdeka dari Penyakit Jantung

Siapa yang menyangka bahwa merajut atau tertawa ternyata bisa membantu menyehatkan jantung. Nah, ini dia hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk merdeka dari penyakit jantung.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan berhasil meraih jantung sehat, antara lain dengan berhenti merokok, rutin berolahraga, dan tertawa!

1. Daripada merokok, lebih baik me….
Berhenti merokok adalah salah satu hal terbaik untuk kesehatan jantung Anda. Kendalikan kebiasaan buruk ini dan kurangi risiko penyakit jantung sampai 50% hanya dalam satu tahun berhenti. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan daripada merokok? Yang pasti, jangan ganti dengan kebiasaan buruk lain seperti minum alkohol. Alkohol bisa membuat Anda gemuk! Minum 2 liter bir per minggu selama setahun sama dengan kalori 221 donat. Nah, daripada merokok, lebih baik me… (silahkan isi sendiri kegiatan pilihanmu ya). Melakukan aktivitas yang menenangkan juga bisa membantu meredakan stres dan baik untuk jantung Anda.

2. Tetap aktif, tetap sehat.
Selain menurunkan risiko penyakit jantung, olahraga juga memperbaiki mood dan membasmi stres. Sediakan waktu sekitar 150 menit per minggu untuk aktif bergerak agar lemak tak menumpuk. Ada banyak cara untuk menyelipkan olahraga dalam kesibukan Anda, misalnya bersepeda ke kantor agar keringat keluar, bercinta agar denyut jantung meningkat, atau menari mengikuti lantunan lagu agar tekanan darah menurun.

3. Tersenyum, tertawa, dan hal-hal menyenangkan lainnya.
Nonton serial komedi atau bercanda dengan sahabat, tertawa baik untuk jantung karena melancarkan peredaran darah. Sering pamer gigi juga membuat Anda lebih sadar terhadap kesehatan mulut. Penelitian dari Harvard mengungkapkan bahwa kesehatan mulut berkaitan dengan beberapa jenis penyakit kardiovaskular. Bahagia juga menekan hormon cortisol dan zat kimia penyebab stres. Oleh karena itu, mempertahankan kebahagiaan itu penting, misalnya dengan mempunyai binatang peliharaan. Menurut penelitian yang dilaporkan oleh National Institutes of Health (NIH), memelihara binatang dapat meningkatkan rasa bahagia dan menurunkan tingkat kematian akibat penyakit jantung.

3. Kurangi lemak, jaga berat badan.
Atur diri untuk mengonsumsi makanan rendah-lemak tinggi-nutrisi dan seimbangkan dengan aktivitas fisik. Anda tak perlu menjadi orang terlangsing sedunia, namun menjaga berat badan agar tak berlebihan akan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Kurangi lemak jenuh, misalnya dengan mengukus atau memanggang daripada menggoreng makanan.

4. Baca informasi gizi pada makanan.
Sebelum membeli suatu produk makanan, coba lihat labelnya terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda memahami kandungan yang terdapat di dalam produk-produk makanan dan membuat pilihan yang lebih sehat. Untuk menjaga tekanan darah, kurangi konsumsi garam. Jika terdapat lebih dari 1.5 gram garam (atau 0.6 gram sodium) dalam 100 gram makanan, maka makanan tersebut bisa dikatakan mengandung garam yang tinggi.

5. Makan makanan yang mendukung jantung.
Buah-buahan dan sayuran adalah sumber serat, vitamin, dan mineral. Mengonsumsi 30 gram serat setiap hari dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kenaikan berat badan. Tambahkan potongan buah pada sereal, atau sayuran pada masakan, untuk meningkatkan gizi makanan sehari-hari. Ikan tuna, salmon, dan sarden yang mengandung omega-3 juga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung.

6. Ketahui kondisi kesehatan Anda.
Memeriksa tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan trigliserida Anda secara teratur penting untuk kesehatan jantung Anda. Ketahui batas amannya masing-masing dan jangan lewatkan pemeriksaan kesehatan agar kondisi kesehatan Anda tetap terpantau dan terkendali.

Yuk, merdeka dari penyakit jantung!

medikalokaArtikel ini disponsori oleh Medikaloka dan telah diverifikasi oleh dr. Rezkha Amalia, General Practitioner di Medikaloka Healthcare.
Share Button