Sudahkah Anda memiliki dokter keluarga? Mungkin istilah dokter keluarga masih belum begitu akrab di telinga Anda, namun memiliki dokter keluarga akan sangat membantu Anda serta keluarga saat dibutuhkan.

Mengapa dokter keluarga? Salah satu pertimbangannya adalah riwayat kesehatan Anda dan keluarga disimpan secara berkelanjutan, sehingga Anda dapat dilayani dan dirawat berdasarkan informasi yang tertata baik. Hal ini dapat mempercepat proses diagnosis dan menghindarkan Anda dari kesalahan pengobatan.

Mengapa dokter keluarga?

1. Anda mendapat perhatian lebih.
Sebagai orang yang kurang mengerti masalah kesehatan, kita terkadang membutuhkan diskusi dan konsultasi tentang penyakit yang sedang kita derita pada dokter. Karena dokter keluarga adalah orang yang memiliki catatan riwayat kesehatan Anda dan dipercaya oleh keluarga, dokter dapat lebih fokus dan efisien dalam memberikan diagnosis, membantu memperbaiki kesehatan, serta menghindarkan Anda dari kesalahan pengobatan.

2. Dokter keluarga berperan sekaligus sebagai pelatih kesehatan Anda.
Tak hanya mengobati, dokter keluarga juga memberikan masukan kepada pasien untuk mencegah risiko-risiko penyakitnya. Kita memerlukan pemahaman, perencanaan, dan pelaksanaan yang baik untuk meraih kesehatan yang optimal. Misalnya, langkah-langkah berhenti merokok, menurunkan berat badan, atau diet yang dapat dirancang sesuai dengan kondisi Anda. Hal ini dapat dilihat berdasarkan riwayat kesehatan dan kebiasaan Anda yang sudah diketahui oleh dokter keluarga. Dengan informasi yang memadai ini juga, dokter Anda dapat mencegah berbagai penyakit yang mungkin menyerang Anda di waktu yang tepat.

3. Ada kepercayaan yang lebih besar untuk menangani kesehatan Anda.
Hubungan jangka panjang yang tercipta antara dokter dan keluarga tentunya akan menghasilkan kepercayaan dalam menangani kesehatan. Anda jadi lebih nyaman untuk melakukan pemeriksaan rutin, juga tidak ragu untuk memeriksakan diri saat suatu gejala penyakit muncul. Dokter keluarga Anda juga lebih mungkin untuk menanggapi gejala sepele Anda secara serius. Misalnya, Anda merasa sangat lelah. Dokter yang sudah mengenal Anda akan lebih cekatan dalam mendeteksi suatu masalah karena tahu rasa lelah bukanlah hal yang biasa Anda alami. Pengetahuan dokter keluarga tentang kebiasaan dan faktor-faktor yang ada dalam hidup Anda – yang mungkin juga memengaruhi kesehatan – bisa menjadi kunci dalam mengatasi masalah kesehatan Anda secara permanen.

4. Anda memiliki koneksi ke para ahli kesehatan lainnya.
Saat membutuhkan dokter spesialis untuk mengatasi suatu penyakit yang serius, dokter keluarga bisa berperan sebagai penasihat yang berkoordinasi dengan dokter spesialis dalam mencari solusi perawatan terbaik untuk Anda. Dokter keluarga juga bisa merekomendasikan dokter spesialis yang terpercaya. Anda jadi tak merasa khawatir karena dokter keluarga akan menjadi pemandu perjalanan Anda menuju pemulihan.

Kesehatan Anda adalah hal penting yang perlu dijaga. Nah, mungkin kini saatnya Anda memiliki dokter keluarga.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.