Menjaga dan merawat orangtua yang telah lanjut usia merupakan tanggung jawab kita agar mereka dapat tetap menjalani hari-harinya dalam lingkungan yang aman dan sehat. Tentunya tanggung jawab ini memerlukan dedikasi waktu dan usaha. Bingung bagaimana cara memulainya? Nah, ini langkah-langkah dasar yang perlu Anda lakukan.

1. Pasang perlengkapan keamanan yang dibutuhkan di rumah.
Lansia cenderung lebih sulit bergerak dan rentan mengalami cedera di dalam rumah. Oleh karena itu, perlu dipasang perlengkapan keamanan seperti penerangan yang baik di tangga dan lorong rumah, memasang pegangan di sepanjang dinding tangga dan kamar mandi, dan menghindari peletakan keset atau karpet yang mudah tergeser atau licin. Pastikan juga telepon berada di tempat yang mudah diakses agar orangtua dapat berkomunikasi dengan mudah saat membutuhkan bantuan darurat. Anda juga perlu menyimpan data penting, seperti nomor telepon dokter dan informasi medis orangtua Anda.

2. Menjaga keselamatan orangtua merupakan tanggung jawab keluarga.
Tanggung jawab yang besar tak bisa ditangani oleh satu orang saja, melainkan bersama-sama. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk melibatkan saudara sepupu, keponakan, hingga cucu untuk bersama-sama merawat orangtua Anda. Mungkin para sepupu bisa merawat orangtua saat Anda harus keluar kota, atau para keponakan bisa mengantarkan ayah Anda cek kesehatan ke dokter, atau para cucu bisa membantu ibu Anda memasak.

3. Mendukung pola makan sehat dan beraktivitas
Dalam menyiapkan menu makanan sehari-hari, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dan yang disarankan untuk dikonsumsi sesuai dengan kondisi kesehatan orangtua Anda. Kombinasikan juga pola makan sehat dengan kegiatan favorit, mulai dari menemani mereka berkebun hingga berjalan kaki agar tubuh tetap aktif bergerak. Dengan kegiatan bersama ini, orangtua Anda bisa jadi lebih bersemangat dan sehat.

4. Jangan memaksakan untuk menangani seluruh kebutuhan orangtua Anda.
Bagaimana cara membersihkan luka? Bagaimana posisi tidur yang baik? Hal-hal ini mungkin hanya membutuhkan pengetahuan umum. Namun, jika Anda merasa kesulitan dalam suatu situasi, pertimbangkanlah bantuan profesional – terlebih jika kebutuhan sehari-hari orangtua Anda melampaui apa yang mampu Anda berikan. Adanya perawat lansia atau bantuan profesional lainnya dapat membantu orangtua Anda mendapatkan perawatan kesehatan yang mereka butuhkan di rumah.

Tanggung jawab yang besar tak bisa ditangani oleh satu orang saja, melainkan bersama-sama. Jika Anda merasa kesulitan dalam suatu situasi, pertimbangkanlah bantuan keluarga maupun bantuan profesional – terlebih jika kebutuhan sehari-hari orangtua Anda melampaui apa yang mampu Anda berikan.

5. Periksa kondisi kesehatan orangtua Anda secara rutin
Semakin lanjut usia, semakin banyak risiko kesehatan yang mungkin diderita. Oleh karena itu, periksakan kesehatan orangtua Anda secara rutin dan maksimalkan dengan konsultasi agar kesehatan mereka tetap optimal. Jika diberikan resep obat, selalu ingatkan orangtua Anda untuk meminumnya secara teratur. Selain melakukan pemeriksaan rutin, jangan sampai meremehkan keluhan kesehatan mereka yang juga perlu kita tanggapi dengan cepat dan cermat.

Mengasuh orangtua tak hanya dilakukan secara fisik, tapi juga secara sikap dan emosional. Nantikan tips selanjutnya dari kami ya!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.