Alih-alih memikirkan anak, bagi kebanyakan jomblo, pasangan hidup saja masih belum didapat. Namun, dengan terus meningkatnya dana pendidikan setiap tahun, rasanya tak salah kalau kita sudah menyiapkan dana tersebut dari sekarang.

Tabloid Kontan mengatakan inflasi dana pendidikan mencapai 20% per tahun sementara inflasi dana kuliah mencapai 15% per tahun. Ini jauh di atas inflasi umum yang hanya 8-10% saja, apalagi jika dibandingkan dengan kenaikan gaji tahunan, misalnya. Artinya, menyiapkan dana sedini mungkin bisa menyelamatkan kita dari kesulitan dana pendidikan yang mungkin terjadi. Pastinya Anda ingin yang terbaik untuk buah hati tanpa harus terbebankan hutang atau pinjaman, kan?

Inflasi dana pendidikan per tahun jauh di atas inflasi umum. Apalagi jika dibandingkan dengan kenaikan gaji tahunan, misalnya. Jadi, tak ada salahnya menyiapkan masa depan anak, bahkan sebelum berkeluarga.

Mari mulai atur strategi dengan beberapa langkah berikut ini:

1. Mulai sedini mungkin
Ini pasti! Memulai dini memberikan keuntungan dalam kecilnya angka investasi dan panjangnya durasi. Selain itu, fleksibilitas dalam memilih produk pun tinggi.

2. Survei sekolah
Saat musim open house sekolah, tak ada salahnya sisihkan waktu untuk survei mendatangi sekolah-sekolah sehingga kita tahu kriteria sekolah yang kira-kira diharapkan beserta kisaran biayanya. Ini penting untuk perencanaan tujuan keuangan yang konkrit agar yang dipersiapkan tidak meleset.

3. Pilih imbal hasil yang sesuai
Sudah hukumnya, risiko dan imbal hasil adalah dua hal yang terkait erat. Untuk jangka waktu pendek, pilihan terbaik jatuh pada produk berisiko rendah. Semakin panjang jangka waktunya, semakin tinggi pula kesanggupan risikonya.

Waktu terus berputar. Ayo, mulai siapkan dari sekarang masa depan kita dan keluarga!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.