Agar risiko diabetes dapat dikurangi, ini 7 makanan rendah glukosa yang yummy!

Berdasarkan beberapa penelitian, ternyata selai kacang dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Serat dari selai kacang dapat membuat kita kenyang lebih lama dan kandungan lemaknya dapat membantu mengendalikan gula darah.

1. Kacang-kacangan
Saking banyak jenisnya, Anda bisa mengonsumsi kacang setiap hari selama seminggu tanpa memakan jenis yang sama, mulai dari kacang merah, buncis, hingga edamame. Kacang-kacangan kaya akan serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang, menyeimbangkan gula darah, hingga menurunkan kolesterol. Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein yang lebih sehat dan rendah lemak dibanding daging.

2. Makanan berbasis susu
Susu kaya akan kalsium dan vitamin D. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium dan 800 IU vitamin D setiap hari kemungkinannya lebih kecil 33% menderita diabetes dibanding yang kekurangan kedua nutrisi ini. Tapi, agar tubuh tak menimbun terlalu banyak lemak dari susu, konsumsi susu yang rendah atau bebas lemak ya.

3. Ikan
Asam lemak omega-3 pada ikan merupakan lemak sehat yang dapat mengurangi risiko serangan jantung dan resistansi insulin. Pilih ikan seperti salmon dan tuna sebagai sumber omega-3 Anda.

4. Oatmeal
Oatmeal adalah makanan andalan untuk mengusir diabetes karena kaya akan serat. Serat memperlambat proses penyerapan karbohidrat dalam tubuh sehingga kadar gula darah tubuh pun lebih mudah stabil.

5. Buah beri
Buah beri bagaikan permen alami. Manis, berwarna-warni, praktis, dan memuaskan! Bedanya, buah beri jauh lebih sehat karena kaya akan serat dan antioksidan. Nutrisi pada buah beri dipercaya dapat menurunkan gula darah dengan mendorong produksi insulin tubuh.

6. Sayuran hijau
Makanan super sehat ini kaya akan berbagai nutrisi, termasuk serat dan kalsium. Anda bukan pecinta sayuran? Jangan salah. Jika dibuat dengan baik, sayuran juga bisa jadi lezat lho! Misalnya ditumis dengan bawang putih dan kecap asin. Anda juga bisa “menyembunyikan” sayuran dalam masakan, misalnya di dalam sup atau saus.

7. Selai kacang
Berdasarkan beberapa penelitian, ternyata selai kacang dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Serat dari selai kacang dapat membuat kita kenyang lebih lama dan kandungan lemaknya dapat membantu mengendalikan gula darah. Makanan yang satu ini bisa jadi makanan favorit untuk mengurangi risiko diabetes, tapi tetap perhatikan porsinya ya karena kalori dalam selai kacang cenderung tinggi.

Artikel ini telah diverifikasi oleh dr. Rezkha Amalia, General Practitioner di Medikaloka Healthcare.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.