Hasrat untuk makan di restoran mungkin telah lama Anda tahan karena takut si buah hati membuat “kegaduhan”. Entah itu karena ia tak mau anteng duduk di kursinya, tak henti-henti berteriak atau memukul-mukul piringnya dengan sendok, hingga perang makanan dengan balita lain di meja sebelah. Nah, dengan tips ini, mudah-mudahan Anda bisa nyaman makan bersama balita Anda di restoran.

Pilihlah restoran yang makanannya disukai dan aman dikonsumsi oleh balita Anda, yang pelayanannya cepat sehingga tak perlu menunggu terlalu lama, dan yang tidak membuat Anda panik sendiri karena peralatannya serba mewah – alias mesti bayar mahal kalau sampai tak sengaja pecah.

1. Memilih restoran yang tepat
Moms, memilih restoran yang cocok untuk anak merupakan salah satu hal penting demi kenyamanan Anda sendiri. Oleh karena itu, pilihlah restoran secara realistis, antara lain yang makanannya disukai dan aman dikonsumsi oleh balita Anda, yang pelayanannya cepat sehingga tak perlu menunggu terlalu lama, dan yang tidak membuat Anda panik sendiri karena peralatannya serba mewah – alias mesti bayar mahal kalau sampai tak sengaja pecah.

2. Siapkan aktivitas untuk tetap memfokuskan perhatian anak
Saat anak merasa bosan, mereka bisa bertingkah atau rewel. Untuk mengatasinya, bawakan buku gambar atau puzzle sederhana yang bisa Anda mainkan bersama si kecil sambil menunggu makanan disajikan. Anda bisa juga mengajak mereka bermain kata, bahkan sekadar mengobrol tentang menu makanan, tanpa perlu memberikan mereka gadget yang bisa membuat Anda jadi sibuk sendiri-sendiri.

3. Bawa peralatan makan khusus untuk anak
Restoran yang ramah anak biasanya menyediakan kursi tinggi untuk balita. Kursi ini tentunya akan membuat anak lebih nyaman karena ia tak perlu dipangku atau merengek karena kursinya terlalu pendek. Namun, tak semua restoran menyediakan peralatan makan yang sesuai untuk balita. Oleh karena itu, siapkan sendok dan garpu dari rumah yang biasa anak gunakan, supaya anak tetap nyaman makan di luar layaknya ia sedang makan di rumah.

4. Cara paling ampuh agar semuanya lancar adalah latihan
Latihan sebelum makan di restoran? Ya. Latihan di rumah tentang tata cara makan di restoran, mulai dari posisi duduk, cara memakai serbet, hingga menggunakan alat makan yang sesuai bisa melancarkan acara makan di restoran yang sesungguhnya. Simulasi ini juga akan melatih Anda mendisiplinkan anak dalam berbagai situasi, juga melatih anak membiasakan diri menjaga sikapnya saat makan.

Jika langkah-langkah Anda gagal dan peralatan makan berserakan di meja, bahkan makanan berpentalan di udara, tetap tenang Moms! Masih ada kesempatan selanjutnya untuk menciptakan suasana makan yang nyaman di restoran dengan balita Anda. Jangan menyerah!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.