Banyak kebiasaan-kebiasaan kecil yang tanpa disadari dapat merusak postur tubuh. Kabar baiknya, ada berbagai cara untuk membuat postur tubuh lebih baik. Yuk, cari tahu lebih lanjut cara-cara untuk memperbaiki postur tubuh Anda!

Salah satu cara untuk memperbaiki postur adalah dengan melatih kekuatan dan keseimbangan Anda. Misalnya, latih keseimbangan kaki dengan berjalan pada permukaan yang tak rata seperti pasir atau rumput. Kaki yang kuat dan sejajar menjadi dasar tubuh yang kuat dan sejajar.

1. Ganti meja kerja Anda dengan meja berdiri.
Otot membutuhkan gerakan untuk memompa dan melancarkan sirkulasi darah. Saat berdiri, Anda jadi lebih bebas menggerakkan badan dan mempertahankan postur yang baik. Selingi waktu berdiri dengan istirahat duduk secukupnya.

2. Jika harus bekerja dalam posisi duduk, sesuaikan posisinya.
Pastikan posisi Anda ergonomis saat berada di depan komputer. Baik duduk maupun berdiri, samakan tinggi bagian atas layar komputer dengan mata Anda. Posisi siku dan pergelangan tangan lurus di meja dengan sudut 90 derajat.

3. Lakukan peregangan otot tubuh bagian depan Anda.
Lakukan gerakan yang meregangkan otot-otot tubuh bagian depan, misalnya dengan posisi tangan membentang mencoba meraih langit. Gerakan ini akan membuka dan memanjangkan otot-otot pada bagian dada, lengan, dan pinggul Anda.

4. Bernapaslah perlahan-lahan.
Teknik bernapas ternyata dapat memengaruhi suasana hati dan postur tubuh lho. Untuk bernapas perlahan, hirup udara melalui hidung hingga perut Anda menggembung dan tahan selama beberapa detik. Kemudian, hembuskan kembali secara perlahan. Ulangi beberapa kali sehari untuk mengurangi kadar stres dan memperbaiki postur tubuh Anda.

5. Gerakan sederhana dan aktivitas luar ruang.
Turunkan bahu Anda, putar bahu ke belakang, lalu tarik siku Anda ke belakang mendekati kantung belakang celana Anda. Tiga langkah ini merupakan salah satu praktik sederhana untuk memperbaiki postur. Selain itu, sering-seringlah bergerak, mulai dari bermain bersama anak-anak di halaman hingga berolahraga bersama teman-teman di lapangan.

6. Latih kekuatan dan keseimbangan Anda.
Anda dapat melatih keseimbangan dengan berjalan pada permukaan yang tak rata, misalnya pasir atau rumput. Jika memungkinkan, jangan gunakan alas kaki agar saraf-saraf di kaki Anda dapat lebih efektif menerima sinyal dan membantu tubuh menghasilkan koordinasi yang lebih baik. Berjalan dengan telanjang kaki juga akan membangun otot-otot kaki. Kaki yang kuat dan sejajar menjadi dasar tubuh yang kuat dan sejajar. Simpan dulu sepatu hak tinggi Anda di lemari sepatu, ya?

7. Periksakan dan perbaiki postur Anda ke ahlinya.
Kunjungi dokter yang akan mengukur postur tubuh Anda sehingga Anda dapat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki. Selain itu, kunjungi fisioterapis yang dapat membantu memperbaiki postur tubuh dengan menggunakan teknik berdasarkan pengetahuan medis yang memadai.

Masih banyak lagi cara-cara untuk membuat postur tubuh Anda lebih baik, namun ayo mulai dengan langkah sederhana seperti di atas terlebih dahulu. Memperbaiki postur tubuh akan memperbaiki hidup Anda, lho!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.