Banyak orang tak menyadarinya, tetapi menabung bisa dijadikan kebiasaan keuangan yang otomatis. Jadi jangan punya alasan untuk gagal menabung lagi. Ubah pola pikir bahwa menabung adalah beban. Menabung itu menyenangkan apalagi saat dilakukan tanpa sadar. Hukum sedikit-sedikit menjadi bukit, berlaku di sini. Coba ikuti tips ini:

1. Disiplin
Saat penghasilan datang, utamakan alokasikan ke tabungan terlebih dahulu sebelum membayar tagihan. Coba sisihkan Rp 100-200 ribu sebulan, dalam setahun sudah Rp 1,2 juta – 2,4 juta.

2. Uang Receh
Untuk anak-anak, uang receh adalah harta berharga. Saat dewasa sekarang, mungkin kita menganggapnya remeh. Padahal selalu menabungkan recehan dari kantong celana atau dompet bisa membukit jadi ratusan ribu dalam setahun loh. Tipsnya adalah, tempatkan celengan dekat pintu masuk rumah, supaya menjadi kebiasaan. Siapa tahu, teman yang datang mungkin ikut memasukan uang recehnya.

3. Lupakan naik gaji
Dulu waktu gaji sedikit tidak bisa nabung, sekarang gaji sudah naik pun masih tak bisa nabung. Mungkin masalahnya bukan terletak pada nominal tapi pada kebiasaan nakal kita yang senang membelanjakannya. Ketika naik gaji, jangan biasakan diri dengan angka baru tersebut. Sebaliknya, sisihkan selisih gaji langsung ke tabungan. Jika perlu, sekat tabungan lama dari jumlah tambahan selisih tadi. Penyekatan bisa menjadi acuan untuk dana darurat, dana pensiun ataupun jatah investasi.

Nah, mudah kan menyimpan uang itu kalau sudah menjadi hal yang otomatis dan rutin dilakukan? Yuk, mulai pajang celengan dekat pintu.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.