Psstt.. tahukah Anda bahwa berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko kanker prostat? Bahkan, kanker prostat adalah salah satu kanker yang paling umum diderita pria di seluruh dunia. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang hal ini agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk tetap sehat.

Beberapa jenis kanker prostat bisa berkembang lambat dan membutuhkan perawatan yang sedikit, namun beberapa jenis lain bisa bersifat agresif dan berkembang cepat. Bahayanya, kanker prostat pada tahap awalnya tak memperlihatkan gejala. Oleh karena itu, penting untuk mendeteksi sejak dini sebelum makin ganas.

Apa itu kanker prostat?
Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel abnormal yang tak terkendali dan bisa menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Nah, pertumbuhan sel-sel abnormal yang dimulai dalam prostat – kelenjar kecil yang menjadi bagian dalam sistem reproduksi pria – dinamakan kanker prostat.

Apa hubungannya kanker prostat dengan obesitas?
Penyebab terjadinya perubahan sel-sel dalam tubuh yang menjadi abnormal belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli telah mengidentifikasikan beberapa faktor yang bisa meningkatkan risikonya, diantaranya adalah obesitas dan pola makan yang tinggi lemak jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria yang punya berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kanker prostat yang agresif. Makin banyak lemak berlebih yang tersimpan dalam tubuh, makin besar risiko seseorang didiagnosis menderita kanker prostat.

Prostat-03

Apa yang bisa kita lakukan?
Berdasarkan informasi tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa kanker bukan cuma akibat nasib buruk, melainkan juga pengaruh dari gaya hidup. Jadi, ada hal-hal yang bisa kita lakukan supaya bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat, antara lain dengan:

1. Makan makanan sehat
Buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh adalah contoh variasi makanan sehat yang bisa memperbaiki kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Mempertahankan berat badan ideal
Olahraga adalah aktivitas vital untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Yuk, sisihkan waktu untuk bergerak setiap harinya supaya berat badan Anda tetap di kisaran angka yang normal.

3. Memeriksakan prostat Anda secara rutin
Screening kanker prostat hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Bicarakan juga dengan dokter Anda tentang langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk tetap sehat.

Ingin panduan lebih lanjut? Yuk, simak Prostate Cancer Guide kami.

medikalokaArtikel ini disponsori oleh Medikaloka dan telah diverifikasi oleh dr. Rezkha Amalia, General Practitioner di Medikaloka Healthcare.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.