Dalam kehidupan serba sibuk ini, multitasking dianggap sebagai trik untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari dengan lebih produktif. Masalahnya, hanya sedikit dari kita yang mampu melakukan beberapa hal dalam satu waktu secara efektif, sisanya justru hanya melakukan usaha yang cenderung sia-sia. Jadi, apa yang bisa kita lakukan agar lebih produktif?

Meningkatkan produktivitas ternyata bukan tentang seberapa banyak hal yang bisa kita lakukan dalam satu waktu, melainkan dengan fokus melakukannya satu per satu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa multitasking dapat membuat otak kita menghambat informasi dan beralih perhatian dengan cepat dari informasi yang satu ke yang lain, bukannya menanganinya secara bersamaan.

1. Meletakkan gadget Anda
Di zaman dengan gadget canggih seperti sekarang ini, mudah untuk melakukan multitasking tanpa menyadarinya. Sebuah studi menyebut fenomena ini sebagai “wabah pengalih perhatian” di mana ketergantungan alat-alat elektronik dapat menurunkan kinerja dan membuat pikiran jadi kelebihan muatan. Jadi, entah itu sedang bekerja, berkumpul bersama teman-teman, atau sekadar beristirahat, matikan gangguan seperti handphone dan televisi yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari yang sedang Anda lakukan.

2. Merancang jadwal
Daripada langsung mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus, ada baiknya kita merancang jadwal berisi apa yang harus dikerjakan dan kapan mengerjakannya, lengkap dengan waktu jeda untuk istirahat. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan satu per satu setiap harinya tanpa tergoda untuk melakukan hal lain – yang bisa Anda lakukan di waktu jeda.

3. Menentukan langkah-langkahnya

Tak hanya merancang jadwal hal yang perlu dikerjakan, kita juga perlu merancang langkah-langkahnya agar dapat mencapai tujuan yang Anda inginkan. Untuk dapat mengerjakan sesuatu dengan produktif dan terhindar dari gangguan, Anda perlu mengetahui apa tujuan dari yang Anda lakukan dan menjalankan langkah-langkahnya secara spesifik.

4. Meditasi
Menurut penelitian, melakukan meditasi secara rutin dapat meningkatkan fungsi otak, juga memperbaiki fokus dan perhatian. Tak hanya itu, meditasi juga dapat membantu mengurangi stres Anda saat daftar pekerjaan mulai panjang dan menumpuk lho!

5. Mendengarkan
Yuk, kita jadi pendengar yang lebih baik dengan memfokuskan diri pada orang yang sedang berbicara dengan kita. Lupakan sejenak sederatan email yang belum Anda baca atau notifikasi media sosial yang sudah menumpuk. Untuk beberapa menit, cobalah menaruh perhatian Anda pada percakapan yang sedang berlangsung, terlebih saat bersama orang-orang terdekat Anda.

6. Meminimalkan kekacauan
Sering mencari lembaran file yang tersembunyi dalam meja yang berantakan? Gangguan ini bisa Anda hindari dengan bekerja di meja yang rapi. Meminimalkan kekacauan akan meminimalkan gangguan. Hal ini juga perlu Anda aplikasikan pada komputer, misalnya dengan memasukkan file-file dalam folder yang teratur dan tutup halaman browser atau tab yang tak Anda butuhkan selama bekerja.

7. Mengistirahatkan diri
Setelah sekian jam bekerja, pasti ada saatnya pikiran kita terlalu letih untuk fokus. Jika suatu saat Anda hanya bisa menatap layar komputer tanpa menghasilkan apa-apa, mungkin itu saatnya Anda perlu beristirahat. Anda bisa berjalan keliling kantor, stretching, atau sekadar bernapas relaksasi selama 5 menit. Menurut penelitian, berisirahat sejenak dapat meningkatkan fokus untuk melanjutkan pekerjaan Anda.

Menghindari multitasking mungkin dapat menjadi tantangan tersendiri saat terlalu banyak hal yang harus diselesaikan. Namun, tenangkan diri Anda sejenak dan coba fokus pada pekerjaan Anda satu per satu. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan lebih tenang.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.