Setiap akhir bulan, biasanya permasalahan kantong mulai datang. Gejalanya adalah mulai mencari pinjaman kanan kiri, gali lubang tutup lubang. Lama-kelamaan, masalah ini membuat Anda kebingungan karena terjadi secara rutin dan mulai melelahkan. Jadi, harus bagaimana?

Pernahkah Anda berpikir, jika jumlah pendapatan naik, mungkin kantong Anda akan tertolong? Nah, ada baiknya kita mulai introspeksi saat mempertanyakan hal ini. Jangan-jangan permasalahannya bukan berapa besar pendapatan yang Anda miliki, melainkan cara Anda mengelola keuangan.

Supaya kantong tak bocor, Anda bisa mencoba beberapa langkah pengaturan keuangan berikut ini.

1. Tabungan Pribadi
Baik sudah berkeluarga maupun masih kuliah, jangan pernah lupakan tabungan pribadi. Tabungan pribadi ini adalah simpanan Anda sendiri untuk mewujudkan tujuan masa depan, misalnya pensiun atau pendidikan yang lebih tinggi. Jumlahnya tak perlu banyak, bisa dimulai dengan 100 ribu rupiah. Lalu, investasikan secara rutin pada reksa dana saham dengan jangka waktu lebih dari 5 tahun.

2. Katakan Tidak
Saat akhir minggu datang, biasanya akan muncul banyak ajakan untuk “bersenang-senang”. Kita tak perlu mengiyakan semua ajakan tersebut. Jangan sungkan atau tidak enak hati untuk menolak beberapa undangan jika Anda rasa kurang sesuai dengan bujet. Tidak nongkrong atau bersenang-senang bukan berarti kita kikir, melainkan berusaha untuk mengefisienkan pengeluaran dengan bersikap selektif.

3. Bayar Tunai
Pecinta kartu kredit dan cicilan 0% sekian tahun jarang menyadari pentingnya membayar secara tunai. Meski cicilan 0% terkesan menggiurkan, namun setiap bulan kita masih suka dibebani biaya lain-lain, seperti pajak atau administrasi. Oleh karena itu, usahakan untuk menyiapkan uang tunai di awal minggu untuk keperluan pekan tersebut yang mendorong kita untuk lebih cermat dalam mengontrol keuangan mingguan.

4. Info Investasi
Investasi tidak bisa diremehkan. Meski jumlahnya sedikit, jika dilakukan secara rutin, hasilnya bisa membukit. Nah, jika saat ini Anda masih buta tentang hal ini, Anda bisa mulai mencari informasi. Kini informasi mudah didapat dari berbagai sumber, mulai dari website hingga media sosial yang berisi pakar-pakar investasi atau intitusi.

5. Jangan berhutang
Jika Anda masih bergulat dengan pengaturan keuangan, jangan pernah mencoba berhutang atau mencicil sesuatu. Terjebak dalam perangkap hutang akan membuat Anda tidak bisa bergerak ke mana-mana. Malah, ujung-ujungnya Anda akan semakin jauh dari investasi. Percuma saja kan berinvestasi jika imbal hasilnya dimakan oleh bunga hutang?

Yuk, lakukan langkah-langkah ini supaya kantong Anda tak bocor.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.