Psstt… Tahukah Anda bahwa sebagian besar orang memiliki sifat introvert dan ekstrovert? Yup, kombinasi keduanya ini menjadikan seseorang memiliki sifat ambivert – tipe kepribadian yang sempurna dalam dunia bisnis.

Ambivert punya karakteristik unik, antara lain mereka nyaman sendirian maupun dalam situasi sosial, mereka tak terlalu ekspresif maupun pendiam, mereka juga tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan. Seorang ambivert mampu memperlihatkan kekuatan dengan ketenangan.

Saat seseorang senang berbicara atau mudah bergaul, mereka diidentikkan dengan kepribadian ekstrovert. Kalau yang cenderung pemalu atau senang sendirian, diidentikkan dengan kepribadian introvert. Namun, orang dengan kepribadian ekstrovert atau introvert murni bisa jadi adalah hal yang mustahil, karena umumnya orang memiliki kombinasi dari dua sifat tersebut – hanya saja salah satunya mungkin lebih dominan.

Seorang ambivert mampu mengatur dan menemukan keseimbangan antara sifat ekstrovert dan introvert. Mereka memiliki kombinasi kualitas yang ada dari kedua sifat tersebut. Efektif! Karena mereka dapat beradaptasi dalam segala situasi. Seseorang bisa bersifat inspiratif dan percaya diri, sekaligus analitis, fokus, dan menjadi pendengar yang baik. Kualitas-kualitas ini memiliki peran penting dalam kesuksesan membangun bisnis dan memimpin dalam dunia entrepreneurship. Nah, apakah Anda seorang ambivert? Lihat ciri-cirinya di sini yuk.

1. Intuitif
Seperti introvert, seorang ambivert memiliki sifat intuitif yang bisa menyadari adanya suatu perubahan yang hampir tidak kentara atau jika ada sesuatu yang salah. Bedanya, seorang ambivert juga akan mendiskusikan permasalahan yang ada dengan individu atau sekelompok orang, dan mencari cara untuk menyelesaikannya bersama-sama.

2. Inspiratif
Seorang introvert mungkin akan merasa risih dan terintimidasi saat pemimpinnya yang ekstrovert terlalu cerewet atau berisik, dan seorang ekstrovert mungkin akan meremehkan saat pemimpinnya yang introvert selalu canggung atau diam. Di sisi lain, orang-orang introvert maupun ekstrovert dapat melihat kepribadian mereka terefleksikan pada seorang ambivert. Tak heran jika seorang ambivert dapat memberikan inspirasi dan pengaruh pada orang lain dengan lebih mudah.

3. Orisinal
Orang introvert yang disuruh bersikap ekstrovert, atau orang ekstrovert yang disuruh bersikap introvert cenderung akan merasa tak nyaman karena mereka jadi tak bersikap seperti diri sendiri. Keuntungan menjadi ambivert adalah mereka dapat menyesuaikan diri dan tetap bebas menjadi diri sendiri dalam segala situasi.

4. Pengertian
Orang ambivert adalah pemimpin yang baik karena mereka dapat menyadari kekuatan yang dimiliki oleh karyawannya yang bertipe kepribadian introvert maupun ekstrovert. Dengan memanfaatkan kekuatan masing-masing menurut apa yang dibutuhkan, hasilnya pun bisa lebih efisien. Mereka melihat dan mengerti kedua sisi kepribadian dan bersikap adil terhadapnya.

Nah, sudah tahu ciri-cirinya, apakah Anda seorang ambivert?

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.