Siapa yang tak pernah waktu sedang asyik kerja, tiba-tiba perut bunyi kriuk kriuk? Otomatis kita berasumsi perut pasti sudah lapar dan harus diisi entah dengan makan siang atau snack. Tapi apa bunyi kriuk itu selalu sama dengan lapar? Apa ada arti lain?

Suara keroncongan yang sering membuat kita tak nyaman dalam suasana sunyi sebenarnya hanyalah tanda dari sistem pencernaan yang sedang bekerja. Bunyi kriuk itu berasal dari dinding-dinding saluran pencernaan yang mengencang dan mengendur untuk mendorong makanan melewati usus. Kontraksi tersebut semakin kuat dan cepat saat ada makanan yang perlu diproses, dan kalau lambung kosong selama sekitar dua jam. Jika suara kriuk kriuknya semakin kuat, artinya hanya ada sedikit atau tidak ada makanan dalam perut yang bisa meredam suaranya.

Kalau kita belum makan selama beberapa jam, sistem pencernaan akan memulai kontraksi otot untuk mendorong sisa-sisa makanan yang belum sepenuhnya dibersihkan. Hal ini dilakukan supaya bisa memberi ruang jika ada makanan yang akan masuk lagi. Nah, dengan kata lain, suara kriuk itu bukan menandakan lapar, cuma sebatas perut yang sedang bersiap-siap!

Lalu, kalau suara kriuk kriuknya sangat kuat dan kencang, apa mungkin ada yang salah? Pada umumnya, suara kencang ini hanya mengindikasikan pergerakan dalam lambung karena gas – misalnya masuk angin. Tapi, kalau gemuruh perut yang Anda alami sangat keras atau sering disertai dengan gejala gangguan pencernaan seperti kembung, mual, muntah, dan sebagainya, maka hal tersebut mungkin merupakan indikasi dari masalah pencernaan. Salah satunya adalah sindrom iritasi usus besar. Jika Anda mengalami gejala gangguan pencernaan, ayo segera cek ke dokter untuk diperiksa.

Kesimpulannya adalah, hindari “tanda nafsu makan buatan” dari bunyi kriuk kriuk perut. Andalkan tubuh dan otak Anda secara sadar untuk tahu apa yang tubuh butuhkan dan kapan Anda sudah harus makan.

Artikel ini telah diverifikasi oleh dr. Rezkha Amalia, General Practitioner di Medikaloka Healthcare.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.