Wah, masa kerja di kantor ternyata sudah hampir setahun! Harus mengulas performa kerja Anda tanpa terdengar arogan maupun merendahkan diri? Simak tipsnya di sini.

Penilaian diri atau self-appraisal adalah informasi tentang performa kerja Anda selama setahun terakhir yang akan digunakan untuk evaluasi. Supaya maksimal, hal yang perlu Anda tahu adalah cara mengisinya dengan baik.

1. Beri penekanan pada pencapaian
Lebih baik percaya diri dengan menunjukkan kesuksesan Anda daripada merendahkan diri dan mengabaikan pencapaian-pencapaian Anda. Kalau Anda merasa telah menjalani tahun yang hebat, jangan sungkan untuk menekankannya dan mengulas kontribusi yang sudah Anda berikan untuk perusahaan. Ini adalah momen untuk mengingatkan atasan Anda tentang kualitas yang Anda punya.

2. Akui kesalahan secara cermat
Seberapa sempurnanya pun performa kita di kantor, pasti ada saatnya kita membuat suatu kesalahan. Hal ini tentu perlu dibahas dalam penilaian diri. Triknya adalah menulisnya dengan cermat. Jangan memberi kesan bahwa Anda benar-benar gagal, tapi berikan penjelasan bahwa Anda ingin memperbaikinya, Anda mendapatkan pelajaran baru dari kesalahan itu, dan apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya supaya tak melakukan kesalahan yang sama.

3. Fokuskan pada diri Anda
Penilaian diri berisi penjelasan tentang performa diri Anda. Jangan tergoda untuk menulis kritik atau keluhan tentang orang lain. Kalau Anda punya masalah serius dengan rekan kerja, coba bicarakan langsung dengan manajer Anda.

4. Kemukakan apa yang Anda butuhkan
Menulis penilaian diri bisa dimanfaatkan untuk meraih kesempatan pengembangan karir di perusahaan. Oleh karena itu, kemukakan dengan spesifik apa yang Anda butuhkan. Misalnya, Anda ingin lebih dilibatkan dalam meeting dan brainstorming, atau Anda ingin mengajukan pendanaan untuk ikut kelas atau seminar yang bisa mengembangkan kemampuan Anda. Psstt.. apapun yang Anda butuhkan dan kemukakan di sini, pastikan itu adalah apa yang perusahaan juga butuhkan.

Penilaian diri adalah komponen penting yang memberikan gambaran performa Anda selama setahun terakhir. Jadi, inilah saatnya untuk merefleksikan kesuksesan, tantangan, dan pelajaran yang Anda peroleh untuk menjadi lebih baik!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.