Saat ada hal baik yang muncul, biasanya kita baru ingat untuk bersyukur. Padahal, kita bisa lho lebih aktif. Artinya, kita selalu merasa bersyukur apa pun yang sedang terjadi dalam hidup. Manfaatnya ternyata tak hanya perasaan yang lebih tenang, tapi juga badan yang lebih sehat.

Bersyukur tidak cuma dilakukan setiap tahun – yang dikenal sebagai perayaan Thanksgiving, tapi perlu setiap hari. Dengan bersyukur, Anda akan memiliki hidup yang lebih memuaskan dan terhindar dari depresi.

Hmm.. ngomong-ngomong tentang bersyukur, apa sih artinya? Bersyukur bisa berarti apresiasi, kekaguman, dan rasa terima kasih terhadap apa yang telah terjadi dan yang sedang dialami, juga antisipasi terhadap yang akan datang. Kita sadar akan keajaiban dan kenikmatan hidup seperti adanya, tanpa menginginkan sesuatu yang berbeda, dan memperoleh kepuasan dengan melihat hal-hal baik dari setiap situasi. Dengan pikiran yang positif ini, kita bisa keluar dari kenegatifan dan melihat dunia dari sudut pandang yang jauh lebih baik.

Nah, tak diragukan bahwa pikiran dan badan mempunyai koneksi. Salah satu indikasinya adalah hasil penelitian tentang rasa syukur yang bisa memberi manfaat untuk kesehatan fisik, antara lain untuk kekebalan tubuh dan jantung. Gejala penyakit yang berkaitan dengan stres seperti sakit kepala, sakit perut, dan nyeri otot cenderung berkurang pada orang-orang yang lebih sering bersyukur. Penelitian dalam American Journal of Cardiology juga menyatakan bahwa bersyukur bisa memengaruhi detak jantung dan membantu perawatan hipertensi.

Bersyukur juga punya pengaruh positif terhadap semangat berolahraga. Bahkan, saat berolahraga, hormon endorfin yang membuat kita merasa senang dilepaskan, membuat kita semakin senang, dan membuat kita lebih semangat berolahraga. Siklus yang menyehatkan, kan? Makanya, orang yang terbiasa berolahraga dan menikmatinya tak jarang jadi “kecanduan”.

Lalu, pernahkah Anda susah tidur gara-gara kepikiran sesuatu yang negatif? Satu lagi manfaat bersyukur adalah membuat kita tidur lebih mudah dan nyenyak, meningkatkan kualitas dan durasi dari tidur kita.

Jadi, mereka yang melihat hidup sebagai anugerah memperoleh manfaat terbanyak, mulai dari mood hingga kekebalan tubuh yang lebih baik. Tapi, bersyukur tak bisa muncul begitu saja kalau kita tak membiasakannya. Yuk, simak di sini cara untuk lebih aktif bersyukur.

Ekspresikan setiap hari
Kadang, alasan yang membuat kita tidak bersyukur adalah hanya karena kita lupa. Makanya, selalu ingatkan diri untuk bersyukur setiap hari. Mungkin setelah bangun tidur, sebelum makan, atau saat mau tidur, berhenti dari aktivitas Anda selama beberapa menit saja untuk bisa mensyukuri hal-hal indah yang pernah, sedang, dan akan Anda alami.

Ekspresikan dalam tulisan
Mudah untuk melupakan apa yang kita syukuri kalau cuma disimpan dalam kepala. Nah, coba deh manfaatkan pulpen dan buku untuk mengisi “jurnal syukur” Anda. Jurnal ini bisa membantu Anda mengingat dan meresapi hal-hal yang Anda syukuri setiap hari dan menghargai hal-hal kecil maupun besar yang Anda alami. Tak cuma itu, Anda juga bisa menulis rasa syukur Anda untuk orang lain. Misalnya, kirimkan surat atau sekadar pesan singkat untuk berterima kasih pada orang-orang yang berperan penting dalam hidup Anda.

Ekspresikan secara langsung
Rasa syukur tak hanya bisa diekspresikan dalam bentuk pikiran, perkataan, atau tulisan, tapi juga tindakan. Jadi, kita bisa mengekspresikan rasa syukur kita dengan melakukan kebaikan untuk orang lain. Selain itu, jangan sungkan untuk menyampaikan rasa syukur Anda secara langsung. Hanya sesederhana ucapan syukur dan terima kasih pada orang-orang terdekat, Anda sudah berhasil mengangkat semangat diri Anda dan orang yang Anda hargai.

Lebih dari ekspresi rasa terima kasih, bersyukur bisa jadi sudut pandang yang membuka kemungkinan tak terbatas untuk lebih sehat. Jadi, mulai hari Anda dengan bersyukur yuk! Terima kasih sudah membaca.

medikalokaArtikel ini disponsori oleh Medikaloka dan telah diverifikasi oleh dr. Rezkha Amalia, General Practitioner di Medikaloka Healthcare.
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.