Mewujudkan impian keluarga pastinya membutuhkan dana. Bagaimana sih cara memperolehnya? Tidak harus mengencangkan ikat pinggang kok, asal bisa membagi porsi sesuai anggaran dan prioritas. Rumusnya adalah membagi pendapatan menjadi 3, dengan porsi 50, 30, dan 20.

1. Porsi 50% dari pendapatan bulanan
Porsi ini digunakan untuk pengeluaran wajib dan fleksibel. Pengeluaran wajib misalnya adalah cicilan rumah, asuransi, pajak, listrik, dan air. Pengeluaran fleksibel adalah pengeluaran yang bisa dikompromi oleh kita sendiri, misalnya tagihan telepon, kartu kredit, transportasi, makanan, dan biaya sekolah anak.

2. Porsi 30% dari pendapatan bulanan
Pengeluaran ini mencakup biaya untuk rekreasi seperti jalan-jalan, belanja, dan hiburan lainnya. Pengeluaran ini bisa diatur sesuai kebutuhan, bahkan ditiadakan, karena sifatnya untuk “bersenang-senang”.

3. Porsi 20% dari pendapatan bulanan
Sisihkan 20% atau lebih dari pendapatan untuk ditabung dan investasi. Inilah kunci utama untuk mewujudkan impian keluarga Anda. Hasil tabungan atau investasi ini bisa digunakan untuk dana pendidikan, dana rekreasi ke luar negeri, dana rumah impian, dan sebagainya.

Nah, sudah tahu strateginya? Ada satu hal yang tak kalah penting, yaitu disiplin! Patuhi anggaran yang sudah ditentukan sehingga impian keluarga bisa terpenuhi satu per satu.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.