Mengelola keuangan merupakan salah satu hal yang selalu kita lakukan, mulai dari kita sekolah dan mengelola uang jajan. Sekarang saat sudah dewasa dan bekerja, kita mengelola gaji. Nah, pertanyaan pentingnya: mau ditabung atau diinvestasikan?

Tabungan
Sekarang, transaksi keuangan dengan tabungan sudah semakin praktis. Mau ambil uang, bisa langsung ke ATM. Mau transfer, bisa pakai internet banking dari rumah. Dengan tabungan, kita diberi kemudahan untuk mengelola keuangan. Tapi, kita memang perlu teliti dalam memilih produk tabungan, misalnya mempertimbangkan bunganya, biaya administrasi, atau biaya-biaya lainnya.

Karena kemudahannya, tabungan lebih disarankan sebagai alat transaksi harian, misalnya untuk membayar tagihan atau dana darurat.

Investasi
Di sisi lain, investasi merupakan instrumen untuk mewujudkan impian jangka panjang. Mau beli rumah? Mau menyiapkan dana pendidikan anak? Impian-impian ini bisa Anda capai dengan menempatkan uang pada suatu aset dan membiarkannya berkembang, hingga pada akhirnya cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya, dengan membeli tanah di beberapa tempat. Harapannya adalah harga tanah tersebut akan naik dari waktu ke waktu sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan.

Karena investasi adalah alat untuk mengalahkan inflasi atau kenaikan harga di masa depan, penting untuk melakukan investasi mulai dari sekarang.

Jadi, tabungan maupun investasi sama-sama merupakan alat yang penting dalam pengelolaan keuangan Anda. Triknya adalah memadukan manfaat keduanya supaya bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.