Musim liburan datang, bawaannya pasti mau jalan-jalan. Entah ke luar kota atau ke luar negeri, jalan-jalan menawarkan kita berbagai pengalaman baru. Sayangnya kalau tak berhati-hati, pengalaman baru yang mungkin Anda dapat adalah ketularan penyakit (amit-amit!). Tak cuma mengganggu liburan, penyakit menular juga bisa berakhir fatal. Nah, apa peran vaksin dalam hal ini?

Mungkin Anda merasa sehat dan aman saat berada di negeri sendiri, tapi Anda bisa terpapar penyakit yang menjangkit di negara lain. Melakukan vaksinasi sebelum bepergian merupakan tindakan pencegahan penting untuk melindungi diri dari berbagai penyakit yang mungkin Anda hadapi saat di luar negeri.

Risiko Anda terserang penyakit bisa meningkat saat bepergian karena tubuh tak punya kekebalan alami terhadap penyakit-penyakit tertentu, sedangkan berbagai penyakit bisa menular melalui berbagai cara lho. Misalnya dari serangga, seperti malaria dan DBD; dari makanan dan minuman, seperti hepatitis A dan tifus; dari orang lain atau kondisi kebersihan yang buruk, seperti hepatitis B dan tuberculosis; dan dari hewan, seperti rabies. Dengan vaksinasi, kita melindungi diri dari berbagai wabah yang mungkin dihadapi saat bepergian.

Risiko kesehatan di negara – bahkan daerah – yang satu mungkin berbeda dengan negara atau daerah yang lain, yang juga bisa berubah seiring dengan waktu. Oleh karena itu, kunjungi dokter setidaknya 6 minggu sebelum berangkat supaya Anda tahu vaksin yang Anda butuhkan untuk perjalanan. Jangka waktu ini diperlukan untuk memberi sistem kekebalan tubuh waktu untuk merespon vaksin. Beberapa jenis vaksin juga mungkin membutuhkan lebih dari satu kali suntikan dengan interval tertentu.

Kalau sudah pernah melakukan vaksinasi tertentu, apa perlu vaksinasi lagi? Nah, kekebalan tubuh Anda terhadap beberapa jenis penyakit mungkin berubah atau menghilang seiring dengan waktu, meski pernah vaksinasi sebelumnya. Anda bisa konsultasi dengan dokter untuk membantu memeriksa kekebalan tubuh Anda dan mencari tahu apakah Anda butuh vaksin booster (ulangan).

Selain vaksinasi, kita juga perlu melakukan tindakan-tindakan untuk menghindari paparan penyakit lain yang mungkin tak bisa dicegah dengan vaksin. Misalnya, dengan menjaga kebersihan, berhati-hati memilih makanan dan minuman, tidak berenang di air yang mungkin mengandung parasit, mencegah terkena gigitan serangga, dan sebagainya.

Jadi, mau jalan-jalan dengan aman? Yuk, vaksinasi dulu!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.