Setiap orang pasti punya keinginan untuk sehat. Keinginan ini sering dijadikan target, misalnya mau turun berat badan 5 kg, atau mau kuat lari 10 km. Lalu, apa yang membuat target ini bisa tercapai? Rumusnya tak segampang: turun berat badan = gerak lebih banyak + makan lebih sedikit.

Memelihara kebutuhan utama tubuh untuk rutin bergerak, makan makanan bernutrisi, tidur yang cukup, dan berpikir positif akan menciptakan lingkungan hidup yang kondusif untuk hidup sehat. Kalau tubuh tak mendapat apa yang dibutuhkan, Anda juga tak bisa mengharapkan tubuh memberi apa yang Anda inginkan.

Aspek-aspek hidup ikut memengaruhi keinginan dan usaha kita dalam mewujudkan hidup sehat. Makanya, keadaan lingkungan hidup Anda adalah landasan kuat dalam merealisasikan target-target Anda. Nah, ada dua keadaan lingkungan yang mungkin sedang Anda jalani, apakah yang cuma bertahan atau terus berkembang?

Saat Anda cuma bertahan, keadaan ini bisa berwujud: sering kurang tidur, berpikiran negatif, malas mementingkan diri sendiri, atau bergantung pada kafein untuk mempertahankan energi. Kalau dipikir-pikir, apakah keadaan ini bisa membantu Anda sukses mencapai target-target Anda? Bandingkan kalau Anda dalam keadaan terus berkembang. Waktu tidur Anda cukup, sehingga bangun pagi selalu terasa segar. Anda menikmati sarapan sehat, menikmati hidup, dan semua terasa lebih baik. Definisi “sehat” bukan hanya karena sering olahraga atau makan bernutrisi, tapi juga cara Anda menjalani hidup. Anda punya prinsip hidup berdasarkan target yang mau dicapai.

Misalnya, Anda mau menurunkan berat badan. Tercapainya target ini juga dipengaruhi oleh keadaan lingkungan Anda. Hal ini bisa dilihat dari penelitian yang menunjukkan bahwa kurang tidur bisa mempersulit penurunan berat badan dan membuat kita jadi mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Memelihara kebutuhan utama tubuh untuk rutin bergerak, makan makanan bernutrisi, tidur yang cukup, dan berpikir positif akan menciptakan lingkungan yang membawa Anda pada kehidupan yang lebih baik. Tapi, kalau tubuh tidak mendapat apa yang dibutuhkan, Anda juga tak bisa mengharapkan tubuh memberikan apa yang Anda inginkan.

Lalu, apakah Anda harus merombak cara hidup demi memperbaiki lingkungan hidup? Anda cuma perlu mulai mengubah satu hal. Mengubah satu hal secara konsisten bisa mengubah segalanya dalam bentuk reaksi berantai. Misalnya, Anda tidur lebih cepat. Pagi harinya, Anda jadi bangun lebih pagi dan lebih segar, Anda jadi punya waktu lebih untuk relaksasi dan menggerakkan badan, lalu Anda sampai kantor tepat waktu dan punya energi untuk lebih produktif, pulang pun bisa tepat waktu dan sempat memanjakan diri. Semua hal positif tersebut bisa terjadi hanya karena Anda tidur lebih cepat. Bayangkan kalau Anda secara konsisten memperbaiki aspek-aspek hidup Anda hingga akhirnya setiap target yang Anda buat tercapai!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.