Bagaimana kondisi tabungan Anda di akhir tahun ini? Kalau jumlahnya menyedihkan, ayo ikuti tantangan mingguan ini yang bisa membuat Anda lebih semangat dengan tabungan belasan juta rupiah di akhir tahun 2016.

Tantangan ini mengajak Anda menabung sejumlah uang setiap minggunya. Dimulai dari nominal kecil, lalu bertambah setiap minggu. Misalnya, Anda mau mulai menabung dengan 10.000 rupiah di minggu pertama. Di minggu kedua, jumlahnya dikalikan dua menjadi 20.000 rupiah. Di minggu ketiga, jumlahnya dikalikan tiga menjadi 30.000 rupiah, dan seterusnya hingga minggu ke-52.

Untuk lebih jelasnya, simak tabel berikut.

tabel 52 weeks copytabel 52 weeks2 copy

Nah, cukup sederhana kan caranya? Sudah tak sabar untuk memulai? Berikut tips untuk membantu Anda menaklukkan tantangan seru ini!

1. Tentukan tujuannya
Makin tak jelas tujuannya, Anda akan makin sulit termotivasi untuk rutin menabung. Tujuan Anda bisa sesederhana mau punya tabungan belasan juta rupiah, atau bisa juga karena Anda mau beli tiket pesawat ke Eropa. Apapun itu, pastikan tujuan itu bisa membuat Anda senyum-senyum sendiri setiap membayangkannya dan tak sabar untuk mulai menabung – dan melanjutkannya.

2. Tentukan metode penyimpanan yang paling nyaman
Anda bisa menabung di dalam kaleng, botol, bahkan kotak sepatu. Anda juga bisa menabung di rekening baru. Kenapa harus membuat rekening tabungan yang berbeda dari rekening Anda yang biasa? Karena tanpa sadar, rekening “tabungan” yang Anda punya saat ini lebih merupakan rekening “pengeluaran”. Anda pergi ke ATM untuk ambil uang, melihat nominal yang terpampang di layar, dan berasumsi bahwa itu adalah sisa uang yang masih bisa Anda habiskan. Dengan membuat rekening yang benar-benar untuk menabung tanpa boleh disentuh selama setahun, Anda akan lebih fokus untuk menyimpan uang.

3. Beri variasi
Banyak orang yang bersemangat melakukan sesuatu di awalnya saja. Makanya, penting untuk memvariasikan cara menabung Anda. Misalnya dengan memutar balik urutan mingguannya. Mulai dari minggu ke-52, yaitu dengan menabung 520.000 rupiah. Sehingga, makin lama tantangannya bukan makin sulit, melainkan makin mudah. Cara yang juga tak kalah seru adalah memilih jumlah yang mau Anda tabung secara random dari daftar tersebut. Setiap minggu, coret salah satu nominal yang ada dalam daftar – sesuai bujet Anda minggu itu.

4. Fokuskan pada menabung
Tantangan ini berguna untuk menanam kebiasaan menabung. Oleh karena itu, kalau nominal mingguan yang harus Anda tabung ternyata tak mencukupi, tetaplah ditabung berapa pun jumlahnya. Pasang tujuan yang realistis (kalau menurut Anda memulai dari 10.000 rupiah terlalu besar, sesuaikan dengan bujet Anda), jalankan secara perlahan dan stabil, nikmati prosesnya, hargai setiap peningkatan jumlah tabungan setiap minggunya, dan Anda pasti akan makin dekat dengan tujuan Anda.

5. Temukan cara untuk menyisihkan uang
Makin lama, uang yang perlu kita tabung dalam tantangan ini makin besar. Nah, kita perlu mencari cara yang efektif untuk menyisihkan dan menyimpan uang. Misalnya:

– Coba pikirkan perubahan kecil yang bisa Anda lakukan sehari-hari, misalnya bawa bekal ke kantor, nebeng teman saat pulang kantor, memanfaatkan kupon, diskon, atau promosi saat belanja bulanan, dan sebagainya. Pertanyaan yang harus Anda tanya setiap hari pada diri sendiri: “Apakah bisa lebih hemat?”
– Coba temukan cara menabung yang cocok untuk Anda. Misalnya dengan menyisihkan lembaran 5.000 rupiah. Setiap Anda menerima kembalian 5.000 rupiah, pisahkan dari dompet dan masukkan ke amplop. Jadi, setiap Anda harus menambah tabungan mingguan, Anda bisa mengambilnya dari amplop tersebut.
– Kita sering boros karena membeli sesuatu secara impulsif. Tapi, coba deh pertimbangkan lagi dengan berpikir, bukan berapa jumlah uang yang harus Anda keluarkan, tapi berapa lama jam kerja untuk membeli barang tersebut. Berapa hari Anda harus bekerja untuk beli jaket tersebut? Berapa minggu Anda harus bekerja untuk beli jam tangan tersebut? Apakah sepadan? Dengan pemikiran ini, Anda bakal punya perspektif baru saat mau membeli sesuatu.

Ada berbagai cara untuk menabung, namun yang terbaik adalah karena terbiasa. Sehingga di akhir tahun, yang berkembang bukan cuma tabungan, tapi juga kebiasaan menabung Anda. Psstt.. punya simpanan uang juga bisa membuat kita merasa lebih aman dan bahagia lho! Jadi, berani kan menaklukkan tantangan ini?

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.