Hayoo… berapa banyak timbunan junk food dan kue pasca liburan dalam tubuh Anda? Menyambut tahun yang baru, mau dong punya tubuh yang lebih bernutrisi? Tak pernah ada kata terlambat untuk mulai memperbaiki kesehatan, dan tahun yang baru ini bisa jadi awal yang tepat. Yuk, simak di sini caranya.

Makan sehat pun perlu analisis dan perencanaan. Misalnya dengan membuat jurnal berisi apa saja yang Anda makan setiap hari, porsinya, dan bagaimana keadaan Anda setelah mengonsumsi makanan tertentu. Mana yang membuat Anda kenyang lebih lama? Mana yang membuat Anda lebih berenergi? Nah, berdasarkan analisis tersebut, rencanakan menu makanan sehat yang cocok untuk Anda.

1. Meriahkan piring dengan warna-warni makanan
Sebisa mungkin, isi piring santapan harian Anda dengan 7 variasi warna. Eits, tapi bukan dengan rainbow cake ya! Anda bisa mengisi piring dengan sayuran hijau, wortel, bit, labu, tomat, hingga ubi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

2. Analisis dan rencanakan
Layaknya mau menjalankan suatu bisnis, yuk coba analisis dan rencanakan asupan harian Anda. Misalnya dengan membuat jurnal berisi apa saja yang Anda makan setiap hari, porsinya, dan bagaimana keadaan Anda setelah mengonsumsi makanan tertentu. Mana yang membuat Anda kenyang lebih lama? Mana yang membuat Anda lebih berenergi? Nah, berdasarkan analisis tersebut, rencanakan menu makanan yang cocok sehingga Anda bisa sukses meraih kesehatan.

3. Beli bahan makanan yang mendukung
Coba deh ingat-ingat, kenapa Anda mencamil makanan ringan yang tak sehat di rumah? Awal mulanya mungkin karena Anda iseng membelinya di supermarket. Nah, coba aplikasikan hal yang sama untuk santapan sehat Anda. Daripada membeli makanan ringan atau makanan manis, perlahan ganti dengan sayuran dan buah-buahan. Sehingga, saat Anda tiba-tiba lapar dan mencari camilan, sayuran dan buah-buahanlah yang akan Anda makan dan lama-kelamaan jadi kebiasaan yang menyehatkan.

4. Perkaya rasa dengan bumbu dan rempah
Mau makan sehat? Tak harus hambar! Anda tetap bisa memberi cita rasa pada makanan dengan bumbu dan rempah – tanpa menambah banyak kalori. Mau pakai kayu manis, kunyit, kemangi, cengkih, jahe, rosemary, atau bawang putih misalnya? Coba eksperimentasi resep-resep makanan yang ramah di badan dan temukan kombinasi bumbu dan rempah yang sesuai dengan lidah Anda sekeluarga.

5. Atur ulang kebiasaan Anda dalam waktu 21 hari
Tak semua bisa instan, dan sedihnya, semangat kita cenderung tinggi di awalnya saja. Tak heran kalau kebanyakan orang menyerah di minggu pertama untuk mulai hidup sehat. Tapi, kalau Anda mau bersabar dan berusaha, cobalah bertahan sekitar 21 hari atau 3 minggu. Rentan waktu ini berguna untuk mengatur ulang otak dan menyesuaikan diri dengan pola hidup yang baru Setelah beberapa minggu, pola hidup sehat Anda akan makin mudah untuk dijalani. Ayo, jangan menyerah!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.