Bagi para pecinta petualangan, mungkin Anda akan menghela napas kalau harus menghabiskan waktu di belakang meja delapan jam setiap harinya. Tubuh Anda diam, tapi pikiran Anda mengembara. Keinginan untuk berada di luar sana menjalani hidup penuh petualangan – dan diupah –  bisa jadi kenyataan kok. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memilih pekerjaan yang sesuai dengan semangat petualangan Anda.

1. Penulis perjalanan
Sungguh asyik, menjelajahi berbagai sudut kota dan negara dan menumpahkan pengalaman itu dalam bentuk tulisan adalah tugas Anda sehari-hari. Terlebih, kecintaan dan pengalaman perjalanan Anda bisa tersalurkan ke dalam benak para pembaca yang belum pernah mengunjungi tempat itu dan menginspirasi mereka.

Seorang penulis perjalanan memerlukan dua bekal: hasrat untuk traveling dan pandai merangkai kata. Penulis perjalanan yang handal adalah mereka yang mandiri dan kreatif, serta bersemangat menghadapi hal-hal baru. Tapi ingat, pekerjaan ini berawal dari kecintaan Anda terhadap traveling dan menulis. Jadi jangan berharap untuk langsung memperoleh hasil bayaran besar atau mendapat sponsor untuk sepenuhnya membiayai perjalanan Anda. Mulailah dari langkah-langkah sederhana, seperti menulis pengalaman perjalanan pribadi di blog, atau magang di majalah perjalanan, untuk menajamkan kemampuan menulis Anda.

2. Penyelam laut dalam
Tahukah Anda bahwa lebih dari 70% permukaan bumi adalah lautan? Dan dari seluruh lautan yang ada di bumi, cuma secercah yang sudah dijelajahi oleh manusia. Percayalah, pekerjaan ini tidak cocok untuk yang bernyali kecil. Sebagai penyelam laut dalam, Anda akan menjelajahi lautan yang misterius di kedalaman. Tujuan pekerjaannya pun bervariasi. Mulai dari menjadi pengarah selam rekreasi, keperluan jaringan pipa minyak dan gas lepas pantai, hingga kebutuhan penelitian ilmiah dan arkeologi.

Untuk jadi seorang penyelam laut dalam yang handal, Anda harus berada dalam kondisi fisik yang sangat baik, mampu bersikap tenang dan cepat bertindak dalam segala situasi, dan tentunya – yang terpenting – adalah mahir berenang.

3. Fotografer satwa liar
Lebih spesifik dibanding fotografer perjalanan, fotografer satwa liar menangkap gambar menakjubkan dari alam liar yang mungkin seumur hidup tak pernah kita telusuri. Bagaimana tidak? Satwa liar seperti beruang kutub atau macan tutul tidak mungkin bisa Anda temukan di kompleks perumahan Anda di Jakarta. Mereka hidup di tengah hutan, kutub bersalju, bahkan padang pasir, yang mengajak Anda berpetualang bersama kamera Anda. Untuk bisa melakukan tugasnya, Anda harus keliling dunia dan menjelajahi setiap pelosok alam.

Tak hanya kemampuan untuk memotret gambar yang berkualitas, seorang fotografer satwa liar yang handal juga harus punya skill untuk bertahan hidup di alam terbuka, kesabaran yang tinggi, refleks cepat dengan gerakan tanpa suara, dan mengerti perilaku serta kebiasaan binatang. Dengan begitu, Anda punya kesempatan untuk memperoleh gambar terbaik dari kehidupan alam liar.

Apapun pekerjaan Anda, entah itu berkostum orang kantoran atau berseragam safari lengkap dengan boots-nya, jalanilah dengan jiwa petualang!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.