Apa sih langkah awal Anda dalam mencapai tujuan? Banyak orang melewatkan langkah ini dan langsung merancang strategi, padahal salah satu langkah paling sederhana adalah bertanya. Anda bisa memiliki karir impian hingga menemukan cinta yang telah lama Anda cari, sesederhana menggunakan pertanyaan yang tepat pada momen yang tepat. Wujud pertanyaan ini bisa sangat random dan tak terkesan signifikan, seperti:

Salah satu cara seru untuk membuka peluang adalah mengajak orang-orang yang menginspirasi Anda dalam dunia profesional untuk bertemu. Coba deh, ajak mereka diskusi tentang ide atau sudut pandang yang menarik. Mungkin saja salah satunya terinspirasi oleh Anda, melihat potensi Anda, dan memberi Anda tawaran kerja impian.

1. “Butuh nomor telepon saya?”
Entah itu setelah tak sengaja berkenalan dengan sesama penggemar di konser band favorit atau teman mengobrol basa-basi sambil menunggu kereta di stasiun, pertanyaan ini bisa meningkatkan intensitas komunikasi Anda. Mungkin orang tersebut yang akan menolong saat Anda butuh pekerjaan, atau bahkan menjadi sahabat atau pasangan hidup Anda. Anda tak pernah tahu, pertanyaan ini bisa mendekatkan Anda dengan orang-orang yang berpotensi mengubah hidup Anda.

2. “Bolehkah saya membelikan Anda segelas kopi?”
Di awal karir, koneksi atau jaringan kita mungkin masih minim untuk mendapat pekerjaan terbaik. Tapi, hal ini bukan berarti Anda tak bisa menemukan peluang kerja yang cemerlang. Salah satu cara seru untuk membuka peluang adalah dengan berusaha mengajak orang-orang yang menginspirasi Anda dalam dunia profesional untuk bertemu, meski hanya untuk mengobrol sambil menikmati segelas kopi. Coba deh, ajak mereka diskusi tentang ide atau sudut pandang yang menarik. Setelah sekian gelas kopi bersama orang-orang yang menginspirasi Anda, mungkin saja salah satunya terinspirasi oleh Anda, melihat potensi Anda, dan memberi Anda tawaran kerja impian.

3. “Bolehkah saya minta tolong?”
Bagi sebagian orang, meminta tolong bisa jadi beban tersendiri. Kita cenderung suka menolong dibanding harus minta tolong pada orang lain. Tapi, tak ada salahnya kok meminta bantuan orang lain – terutama saat Anda benar-benar membutuhkannya untuk memudahkan hidup. Pada dasarnya, kalau kita senang menolong orang lain, orang lain pun akan senang menolong Anda.

4. “Bolehkah saya mendapat diskon?”
Mulai dari membeli baju hingga tiket pesawat, pertanyaan ini bisa sangat menghemat pengeluaran, bahkan memberi Anda bonus keuntungan. Mungkin ternyata Anda bisa dapat potongan harga kalau bayar tunai, beli grosiran, atau menulis ulasan tertentu. Mungkin juga sang penjual sedang merasa murah hati dan memberi Anda bonus barang di luar harga yang Anda bayar. Percayalah, pertanyaan ini tak bakal membuat Anda rugi kok.

5. “Apa yang benar-benar saya inginkan?”
Pertanyaan ini bisa jadi pertanyaan paling penting yang perlu sering ditanyakan pada diri sendiri. Apa yang Anda inginkan? Hanya butuh sedikit waktu untuk berdiam diri dan mencari tahu apa yang Anda inginkan dalam hidup – atau paling tidak, mengetahui apa yang tidak Anda inginkan dalam hidup. Buat apa menjalankan sesuatu kalau itu bukan apa yang Anda inginkan. Biarkan intuisi Anda menuntun Anda, dan biarkan diri Anda mencapai apa yang benar-benar Anda inginkan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.