Suka minum red wine atau anggur merah? Psstt.. para dokter sepakat bahwa anggur merah mungkin bisa sehatkan jantung, jelas Mayo Foundation for Medical Education and Research. Ada apa dalam anggur merah yang baik untuk jantung?

Kandungan antioksidan dan senyawa bernama resveratrol dikatakan bisa membantu mencegah penyakit jantung dengan meningkatkan kolesterol “baik” HDL dan melindungi arteri dari kerusakan.

Rahasianya adalah resveratrol. Senyawa dalam anggur merah ini bisa jadi mempunyai peran dalam meningkatkan kolesterol “baik” HDL, serta mencegah kerusakan dan penggumpalan pada pembuluh darah. Walaupun sebagian besar penelitian masih dilakukan pada hewan, hasilnya cukup menjanjikan.

Dari mana asal resveratrol ini? Resveratrol berasal dari kulit anggur yang digunakan untuk membuat minuman anggur. Karena anggur merah lebih lama difermentasi dengan kulit anggur dibanding anggur putih, anggur merah mengandung lebih banyak resveratrol. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Enology and Viticulture membandingkan berbagai jenis minuman anggur di dunia dan menemukan bahwa anggur merah Pinot Noir mengandung resveratrol yang paling tinggi. Selain dari anggur merah, Anda juga bisa memperoleh resveratrol dari buah anggur atau jus anggur, serta dari beberapa jenis buah beri dan kacang-kacangan – tapi kita belum tahu apakah efek dari sumber-sumber ini berdampak sama seperti dari anggur merah.

Nah, pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda adalah, apakah alkohol baik untuk jantung? Beragam penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol dalam jumlah wajar bisa meningkatkan kolesterol “baik” HDL, mengurangi penggumpalan darah, membantu mencegah kerusakan arteri, dan alhasil mengurangi risiko penyakit jantung. Kuncinya adalah minum dalam takaran sewajarnya. Untuk wanita semua umur dan pria berumur lebih dari 65 tahun, batasnya adalah satu minuman (sekitar 148 mL) per hari. Untuk pria berumur kurang dari 65 tahun, batasnya dua minuman (sekitar 296 mL).

Kalau berlebihan, alkohol bisa membuat kecanduan dan menimbulkan masalah kesehatan. Masih bingung tentang manfaat dan risiko alkohol? Coba konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui rekomendasi yang spesifik untuk kondisi Anda.

medikalokaArtikel ini disponsori oleh Medikaloka dan telah diverifikasi oleh dr. Rezkha Amalia, General Practitioner di Medikaloka Healthcare.
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.