Berapa kadar trigliserida Anda? Apakah melebihi 150 mg/dL? Ayo waspadai, kadar trigliserida yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, diabetes, hingga pankreatitis dan demensia.

Kontribusi negatif terbesar dari tingginya kadar trigliserida adalah pengerasan atau penebalan arteri. Makanya kalau kadar trigliserida Anda tinggi, hati-hati terhadap risiko berbahaya seperti serangan jantung dan stroke yang bisa berujung pada kematian dini.

Trigliserida adalah sejenis asam lemak yang ada dalam aliran darah kita. Bahaya kadar trigliserida yang tinggi perlu diwaspadai, karena efeknya bisa berpengaruh ke organ-organ vital tubuh kita, mulai dari jantung, hati, ginjal, hingga pankreas. Jika Anda masih tidak mau berusaha mengurangi kadar trigliserida Anda, organ-organ ini bisa rusak dan akhirnya berhenti berfungsi.

Kadar trigliserida tubuh adalah salah satu indikator dari sindrom metabolik. Kadar trigliserida tubuh ini bisa diketahui dengan pemeriksaan sederhana dan perlu rutin dilakukan. Alasannya, umumnya tidak ada gejala yang terlihat. Biasanya ada kondisi lain, seperti diabetes atau penyakit ginjal, yang akhirnya memberi indikasi bahwa Anda memiliki masalah trigliserida. Kadar trigliserida bisa tinggi karena beberapa hal, salah satunya adalah pengaruh gaya hidup. Kalau berat badan Anda berlebih dan sering makan terlalu banyak gula olahan, alkohol, dan lemak, segera cari tahu kadar trigliserida Anda dan tindaklanjuti. Ayo, jangan sampai mati dini!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.