Lebih sering, kita merenovasi rumah untuk membuat tampang rumah lebih cantik. Mungkin supaya tampak lebih luas, lebih bersih, atau lebih tertata. Psstt.. ada banyak perbaikan rumah yang sekaligus bisa memberikan Anda manfaat kesehatan lho. Apa saja sih?

1. Kipas ventilasi
Kalau keluarga Anda tak ada yang merokok, bukan berarti rumah tak membutuhkan kipas ventilasi lho. Ruangan-ruangan seperti dapur dan kamar mandi merupakan tempat kelembapan sering mengumpul sehingga butuh sirkulasi udara yang memadai. Di kamar mandi, udara yang lembap mendukung pertumbuhan jamur dan lumut yang bisa merusak kesehatan. Nah, memasang kipas ventilasi di kamar mandi akan membantu mengeluarkan udara lembap. Kipas ventilasi di dapur juga berguna untuk mengisap gas beracun yang mungkin muncul saat memasak seperti karbon dioksida, karbon monoksida, dan nitrogen dioksida.

2. Renovasi dapur
Menata dapur bukan cuma untuk mempercantik, tapi bisa juga untuk meningkatkan semangat kita memasak. Kalau dapur Anda sudah tampak lusuh atau tua hingga membuat Anda sering pesan makanan dari luar – yang belum tentu sehat, mungkin sudah saatnya melakukan perbaikan dapur. Perbaikannya bisa berupa perubahan tata letaknya menjadi lebih efisien, atau mengganti tema atau peralatannya sehingga dapur Anda punya suasana baru.

3. Ruang olahraga
Aktif berolahraga tak harus selalu panas-panas di luar ruangan atau mahal-mahal di gym, tapi bisa juga nyaman di rumah. Nah, mengapa tidak coba manfaatkan ruang dalam rumah untuk mendukung olahraga Anda? Misalnya, memasang lantai yang nyaman, lengkap dengan sound system dan dekorasi yang memotivasi olahraga. Sediakan juga barbel atau perlengkapan lainnya sesuai dengan olahraga yang paling Anda suka.

4. Hot tub
Yup, memasang hot tub di rumah pastinya akan menambah sensasi tersendiri pada pengalaman mandi Anda. Dan, manfaatnya lebih dari kenyamanan, tapi juga membantu Anda relaks dan melepas stres. Setelah lelah bekerja, Anda bisa langsung masuk ke hot tub untuk memulihkan tubuh. Manfaatnya untuk kesehatan antara lain adalah melancarkan sirkulasi dan aliran darah, menenangkan saraf-saraf tubuh, dan mengendurkan otot dan sendi yang tegang. Mandi di hot tub juga bisa mendorong tubuh menghasilkan hormon endorfin yang membuat Anda semakin senang dan nyaman.

Nah, sudahkan Anda melakukan perbaikan yang tak hanya mempercantik rumah, tapi juga efektif meningkatkan kesehatan Anda? Yuk, lakukan sekarang.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.