Minum susu bisa bikin gigi sehat? Makan acar bisa bikin gigi rusak? Mau serajin apapun kita membersihkan gigi, apa yang kita makan tetap ikut berpengaruh terhadap kesehatan gigi lho. Yuk, ketahui makanan terbaik dan terburuk untuk gigi Anda.

Makanan manis seperti permen bisa membuat gigi berlubang, terutama permen keras yang bisa berlama-lama di mulut dan memaparkan gula ke gigi. Nah, kalau permen sudah buruk, minuman bersoda lebih parah lagi! Bayangkan efek kombinasi kadar gula tinggi dan asam karbonat bagi gigi Anda.

Sayuran yang renyah
Sayuran yang renyah digigit seperti seledri dan wortel adalah makanan yang tak hanya menyehatkan badan, tapi juga bagus untuk kesehatan dan kekuatan gigi. Kerenyahan dan kandungan air dalam sayuran-sayuran ini bisa menggosok permukaan gigi dan merangsang aliran air liur, juga membantu membersihkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi. Jadi, Anda seperti sedang flossing gigi secara alami!

Jeruk nipis, lemon, dan jeruk
Makanan dengan tingkat keasaman tinggi adalah penyebab utama erosi enamel dan kerusakan gigi. Sayangnya, buah-buahan seperti jeruk nipis, lemon, dan jeruk mengandung asam sitrat yang tinggi. Kopi dan anggur merah juga merupakan minuman yang mengandung asam. Untuk menyiasatinya, sebaiknya makan atau minum jeruk nipis, lemon, jeruk, dan minuman lainnya yang mengandung asam dalam satu waktu, bukan dikonsumsi sedikit-sedikit dalam waktu yang lama. Alternatif lain, gunakan sedotan!

Daging-dagingan, ikan, dan tahu
Fosfor adalah mineral penting yang bisa melindungi enamel gigi. Nah, mau memperkaya asupan fosfor Anda? Konsumsi makanan seperti daging-dagingan, ikan, dan tahu.

Tomat dan acar
Baik dalam bentuk alaminya maupun dalam bentuk saus, tomat cukup bersifat asam dan kurang bermanfaat untuk gigi. Belum lagi acar yang mengandung cuka. Untuk menghindari paparan asam langsung ke gigi, gunakan tomat atau acar sebagai bagian atau pelengkap masakan Anda. Selain itu, hindari juga menggosok gigi langsung setelah mengonsumsi makanan asam – yang bisa melemahkan enamel gigi.

Sayuran berdaun hijau tua
Sayur-sayuran adalah sumber dari berbagai jenis vitamin dan mineral. Lebih spesifiknya, sayuran berdaun hijau tua seperti brokoli dan bayam adalah sumber kalsium dan fosfor yang baik Anda konsumsi untuk menyehatkan gigi.

Permen dan minuman bersoda
Sejak kecil kita sudah tahu bahwa yang manis-manis tak baik untuk gigi. Makanan manis seperti permen bisa membuat gigi berlubang, terutama permen keras yang bisa berlama-lama di mulut dan memaparkan gula ke gigi. Nah, kalau permen sudah buruk, minuman bersoda lebih parah lagi! Bayangkan efek kombinasi kadar gula tinggi dan asam karbonat bagi gigi Anda.

Susu dan kuning telur
Susu dan kuning telur adalah sumber kalsium dan vitamin D – keduanya berperan penting untuk kesehatan gigi. Makanan berbahan susu yang juga kaya kalsium dan fosfor seperti keju dan yogurt juga bisa membantu melindungi enamel dan mengganti mineral dalam gigi.

Buah-buahan kering
Meski nikmat untuk dijadikan kudapan, buah-buahan kering umumnya manis, lengket, dan susah dikunyah. Makanan seperti ini rawan menyangkut di sela-sela gigi, merangsang pertumbuhan bakteri, dan merusak gigi.

Apel
Bingung mau makan apa sebelum ketemu gebetan? Coba makan apel. Selain renyah, apel dan buah-buahan lain yang kaya serat bisa menggosok plak gigi dan menyegarkan napas.

Kombinasi yang lebih baik lagi adalah tidak hanya mengetahui makanan yang baik dan buruk untuk gigi, tapi juga rutin membersihkan dan memeriksakan gigi supaya kesehatan gigi dan mulut Anda senantiasa terjaga.

medikalokaArtikel ini disponsori oleh Medikaloka dan telah diverifikasi oleh dr. Rezkha Amalia, General Practitioner di Medikaloka Healthcare.

 

Smile Maker Clinic

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.