Tahukah Anda bahwa kesehatan mulut bisa memengaruhi kesehatan tubuh? Tak cuma itu, kesehatan mulut juga bisa memberi petunjuk tentang kesehatan keseluruhan kita lho. Apa kaitan keduanya?

Kesehatan mulut bisa memengaruhi kesehatan tubuh, dan kesehatan tubuh bisa memengaruhi kesehatan mulut. Kalau ada masalah pada mulut, segera mengatasinya bisa membantu menjamin kesehatan keseluruhan tubuh kita. Begitu juga sebaliknya.

Sebenarnya, bakteri yang ada di mulut kita umumnya tak berbahaya dan bisa dikendalikan oleh pertahanan alami tubuh. Tapi, kalau kebersihan mulut kita tak dijaga – misalnya jarang sikat gigi atau flossing, maka bakteri-bakteri dalam mulut bisa makin banyak dan akhirnya menyebabkan gigi berlubang atau masalah pada gusi. Bahayanya, bakteri atau kuman yang ada di mulut ini juga bisa menyebar ke bagian lain tubuh dan meningkatkan risiko penyakit, seperti:

1. Penyakit jantung
Menurut data dari WebMD, sekitar 91% pasien yang menderita penyakit jantung juga mengalami periodontitis (peradangan pada jaringan penyangga gigi). Meski keduanya cenderung memiliki faktor risiko yang serupa seperti merokok, pola makan tak sehat, dan berat badan berlebih, periodontitis dicurigai juga punya peran dalam meningkatkan risiko penyakit jantung. Kenapa? Bakteri atau plak dari mulut bisa menyebar dan menyebabkan peradangan pada pembuluh darah, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Diabetes
Diabetes dan periodontitis punya hubungan dua arah. Diabetes mengurangi ketahanan tubuh terhadap infeksi yang membahayakan gusi, dan orang yang punya penyakit gusi cenderung lebih sulit mengendalikan kadar gula darahnya. Nah, kabar baiknya adalah Anda bisa mengelola salah satunya untuk mengendalikan yang lainnya.

3. Masalah kehamilan
Meski ada banyak faktor yang bisa berkontribusi pada kelahiran bayi prematur atau bayi berat badan lahir rendah, penyakit gusi bisa jadi salah satu penyebabnya. Alasannya adalah peradangan pada mulut juga bisa mengganggu perkembangan janin bayi. Makanya, lebih baik periksa kesehatan mulut Anda sebelum dan saat hamil untuk memastikan kesehatan kehamilan Anda.

4. Osteoporosis
Menurut beberapa penelitian, wanita yang mengalami osteoporosis lebih sering mengalami penyakit gusi. Menurut para peneliti, peradangan yang dipicu dari gusi ini bisa melemahkan tulang pada bagian tubuh lain.

Jadi, kesehatan mulut bisa memengaruhi kesehatan tubuh, dan kesehatan tubuh bisa memengaruhi kesehatan mulut. Lalu, bagaimana cara memastikan kesehatan mulut Anda? Tentunya dengan rajin menggosok gigi & flossing, menghindari rokok & makanan yang bisa merusak gigi atau gusi, dan rutin memeriksakan & membersihkan mulut dan gigi Anda. Jika ada masalah pada mulut, segera mengatasinya bisa membantu menjamin kesehatan keseluruhan tubuh Anda. Begitu juga sebaliknya.

medikalokaArtikel ini disponsori oleh Medikaloka dan telah diverifikasi oleh dr. Rezkha Amalia, General Practitioner di Medikaloka Healthcare.

Banner ad Dental & Screening-22

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.