Terbang ke luar negeri, boro-boro deh bisa relaks di pesawat yang lama perjalanannya berjam-jam, sempit, dan berisik. Sirik dengan orang-orang yang mudah tidur pulas di pesawat? Yuk, ikuti panduan ini supaya Anda bisa ikutan tidur berkualitas – tanpa harus beli tiket first class!

Jangan silangkan kaki saat duduk di pesawat karena Anda menekan salah satu kaki yang bisa membatasi aliran darah, dan kalau lama perjalanan berjam-jam bisa meningkatkan risiko penggumpalan darah. Selain itu, punggung bagian bawah Anda bisa tertekan dan berotasi.

1. Pilih tempat duduk dekat jendela
Manfaatkan tempat duduk dekat jendela supaya Anda bisa mengendalikan paparan cahaya dari luar dan menyender ke samping dengan bantal. Memilih tempat duduk di pesawat memang penting, termasuk mendapat ruang kaki yang cukup luas untuk bisa meregangkan kaki, yang bukan cuma untuk kenyamanan, tapi juga sirkulasi darah Anda.

2. Bawa barang-barang untuk kenyamanan
Selain penutup mata & telinga serta bantal kecil yang nyaman, kita mungkin punya barang kesayangan yang bisa membuat kita nyaman seketika setiap memegangnya. Mungkin kaos kaki yang lembut, sweater lusuh yang menghangatkan, atau musik favorit untuk merelaksasikan tubuh. Kuncinya adalah membuat Anda merasa nyaman seperti di rumah tanpa menghiraukan ratusan orang lainnya, maupun fakta bahwa Anda sedang berada belasan ribu meter di atas daratan.

3. Jangan silangkan kaki
Kalau Anda terbiasa menyilangkan kaki, sebaiknya jangan lakukan saat duduk di pesawat. Pertama, karena Anda menekan salah satu kaki yang bisa membatasi aliran darah, dan kalau lama perjalanan berjam-jam bisa meningkatkan risiko penggumpalan darah. Kedua, karena punggung bagian bawah Anda bisa tertekan dan berotasi. Jadi, sebaiknya duduk dengan kaki lurus dan sedikit menekuk di bagian lutut untuk menghindari penyumbatan darah di kaki.

4. Duduk bersandar
Posisi terburuk untuk tidur di pesawat adalah membungkuk ke depan, menekan bagian depan tubuh Anda. Posisi terbaik adalah memundurkan sandaran kursi dan menyandarkan bahu Anda, mengurangi tekanan pada tulang punggung bagian bawah. Kalau memundurkan kursi tidak memungkinkan, coba duduk tegap atau gunakan bantuan bantal atau ganjalan lain di punggung bagian bawah. Selain itu, manfaatkan juga sandaran lengan yang ada di kursi. Saat Anda menaruh lengan di atasnya, lengan Anda akan membantu menunjang tubuh bagian atas.

5. Hindari alkohol
Sedang dalam suasana liburan dan mau mempermudah tidur di pesawat dengan minum alkohol? Jangan salah. Meski alkohol mungkin bisa membantu Anda tidur, efeknya cuma sebentar lalu Anda malah akan kesulitan untuk tidur kembali. Belum lagi kalau Anda terbangun – dengan sisa perjalanan masih sekian jam – dengan bonus sakit kepala dan dehidrasi.

6. Makan tepat
Waktu makan di pesawat memang tak menentu, namun usahakan untuk tidak makan setidaknya dua jam sebelum mencoba tidur. Perhatikan juga jenis dan jumlah makanan yang Anda makan. Kalau terlalu banyak atau terlalu berlemak, jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke lambung dan usus, juga memungkinkan adanya perubahan dalam tubuh yang membuat darah lebih mudah tersumbat. Akhirnya, Anda bisa merasa tak nyaman dan susah tidur.

Nah, ikuti tips ini supaya begitu mendarat, Anda punya cukup energi untuk menikmati liburan Anda. Selamat berlibur!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.