Setelah mengetahui berbagai manfaat kesehatan mendonorkan darah dari Donor Darah, Tak Hanya Menyelamatkan Nyawa Orang Lain, tak heran jika Anda langsung bersemangat untuk berpartisipasi. Lalu saat mau mendonorkan darah, ternyata Anda tak diperbolehkan. Apa sih penyebabnya?

Ada dua kategori alasan yang dapat menyebabkan Anda tidak bisa mendonorkan darah. Pertama, jika mendonorkan darah bisa membahayakan diri Anda. Kedua, jika mendonorkan darah bisa membahayakan penerima donor darah.

Penyebab tidak diperbolehkannya seseorang mendonorkan darah bisa bersifat permanen maupun sementara. Penyebab permanen biasanya disebabkan oleh suatu kondisi medis seperti gangguan pembekuan darah atau HIV/AIDS yang berisiko tinggi bagi pendonor atau yang didonorkan. Tapi, kebanyakan adalah penyebab sementara yang bisa diperbaiki.

1. Kadar hemoglobin
Hemoglobin adalah protein yang membawa oksigen dalam sel-sel darah merah Anda. Jika terlalu rendah – batas minimumnya adalah 12.5 persen, maka Anda belum diperbolehkan mendonorkan darah. Cara mengatasinya antara lain dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin darah seperti daging, biji-bijian, dan kacang-kacangan, juga meningkatkan asupan vitamin C untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Selain terlalu rendah, kadar hemoglobin yang terlalu tinggi juga tak diperbolehkan – batas maksimalnya adalah 17 persen. Cara mengatasinya antara lain dengan memperbanyak minum air dan mengurangi konsumsi makanan seperti daging dan sayuran hijau.

2. Tekanan darah
Untuk bisa mendonorkan darah, tekanan darah Anda harus di atas 80/50 mmHg dan di bawah 180/100 mmHg. Tekanan darah yang terlalu rendah atau terlalu tinggi saat mendonorkan darah memiliki beberapa risiko bagi diri sendiri, mulai dari merasa pusing hingga penyerapan oksigen dalam jaringan tubuh yang terganggu. Cara mengatasinya antara lain dengan menyesuaikan pola hidup sehingga tekanan darah Anda bisa berada pada batas wajar.

3. Gejala penyakit
Saat akan mendonorkan darah, pendonor harus dalam keadaan sehat dan bebas dari berbagai gejala penyakit. Jika Anda sedang merasa kurang fit, atasi dengan beristirahat selama beberapa hari hingga pulih. Kalau kondisi tubuh sudah baik dan sehat, Anda akan diperbolehkan mendonorkan darah.

Nah, setelah tahu penyebab-penyebabnya, yuk segera atasi supaya Anda bisa segera mendonorkan darah. Maksimalkan juga dengan tidur cukup, makan teratur, dan minum air yang banyak sebelum mendonorkan darah ya!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.