Sadarkah Anda saat makan bersama pasangan atau teman, Anda jadi lebih semangat untuk makan lebih banyak? Hal ini ternyata sudah dibuktikan melalui penelitian yang menunjukkan bahwa kita jadi makan rata-rata 33% lebih banyak saat makan bersama orang lain. Siapa saja sih yang bisa membuat Anda gemuk dan bagaimana cara mengatasinya?

Anda tak perlu makan sendirian kok demi menghindari risiko menggemuk. Dengan siapa pun Anda menikmati makanan, baik pasangan, anak-anak, sahabat, atau teman-teman kantor, tentunya selalu ada cara untuk mengendalikan porsi makan Anda.

1. Pasangan Anda
Karena berada di lingkungan yang sama, kalau pasangan Anda cenderung makan banyak atau kelebihan berat badan, Anda juga berpeluang mengalami hal yang sama. Ayo hati-hati, lama-kelamaan Anda dan pasangan bisa mengalami obesitas lho.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan bekerja sama dan mengingatkan satu sama lain kalau ada yang makan terlalu banyak. Saat masak di rumah, batasi porsi makanan yang dibuat sehingga Anda dan pasangan bisa mencegah keinginan untuk melebihi porsi yang seharusnya.

2. Anak-anak Anda
Berdasarkan sebuah penelitian, wanita yang mempunyai anak mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan wanita yang belum mempunyai anak. Hal ini mungkin terjadi karena anak-anak perlu diberi banyak asupan makanan dan sang ibu jadi sering ikutan menyantap.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda juga sudah menyiapkan makanan untuk Anda sendiri saat akan menyediakan kudapan atau makanan untuk anak. Misalnya, kalau anak diberi biskuit cokelat, Anda sudah siap dengan semangkuk almond dan yogurt. Lalu saat anak ingin makan siang ayam bersaus keju, Anda sudah memisahkan sausnya dan menggantinya dengan rebusan sayur untuk makan siang Anda.

3. Sahabat Anda
Sulit dipungkiri bahwa mengobrol bersama sahabat nikmatnya didampingi makanan atau kudapan. Nah, sama halnya dengan pasangan, kalau sahabat Anda doyan makan dan kelebihan berat badan, Anda juga bisa “ketularan”.

Untuk mengatasinya, ajak teman Anda sharing makanan pembuka, atau tambahkan salad dalam pesanan Anda. Cara yang juga jitu adalah memberi tahu sahabat Anda bahwa Anda ingin memesan makanan yang lebih sehat. Menurut penelitian, apa yang dilakukan atau diajak oleh teman yang satu biasanya akan diikuti oleh teman yang lain.

4. Teman kerja Anda
Saat mumet bekerja, makan siang di luar bersama teman-teman kantor bisa jadi guilty pleasure Anda. Tapi menurut penelitian, makan bersama sekumpulan orang – misalnya lebih dari 6 orang – bisa membuat Anda makan 96% lebih banyak!

Triknya adalah menelusuri menunya dengan lebih seksama. Apakah restoran tersebut menyediakan menu sayuran yang enak? Atau bisakah menu ikan goreng diganti dengan ikan panggang? Kalau masih juga merasa lapar setelah menyantap satu porsi makanan, mungkin Anda bisa menutupnya dengan salad atau jus buah.

Jadi, Anda tak perlu makan sendirian kok demi menghindari risiko menggemuk. Dengan siapa pun Anda menikmati makanan, tentunya selalu ada cara untuk mengendalikan porsi makan Anda. Yuk, nikmati waktu bersama orang-orang yang Anda sayangi tanpa melahap banyak kalori.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.