Ada yang mengatakan bahwa menjadi pemimpin sejati adalah sebuah panggilan. Tapi, siapa saja bisa menjadi pemimpin yang hebat. Kuncinya adalah mengetahui apa itu kepemimpinan sejati – dan yang bukan.

Memimpin adalah tanggung jawab terpenting Anda. Apakah Anda memimpin dengan keberanian dan kejelasan, atau dengan kecerobohan dan keputusasaan, akan menentukan keberhasilan Anda dan perusahaan.

KEPEMIMPINAN YANG BAIK
Apakah Anda senantiasa merintis cara baru tanpa rasa takut, khawatir, atau keraguan hanya karena apa yang orang lain katakan?
Apakah Anda punya suatu pandangan dan tujuan yang terfokus?
Apakah Anda berani menantang ide dan mampu cepat menyesuaikan arah?

Nah, kalau Anda menjawab pertanyaan tersebut dengan 100% ya, Anda sudah berada di jalur yang benar. Tapi kalau Anda menjawab dengan keraguan, coba analisis kembali kepemimpinan Anda. Pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu melihat sesuatu yang tak dilihat orang lain dan berani mengambil risiko.

Kepemimpinan sebenarnya bukanlah tentang Anda, tapi tentang kontribusi dan bakti yang Anda beri demi kelangsungan perusahaan dan orang-orang yang Anda pimpin. Kepemimpinan merupakan hal terpenting yang bisa mendeskripsikan Anda dan perusahaan. Apakah Anda memimpin dengan keberanian dan kejelasan, atau dengan kecerobohan dan keputusasaan, akan menentukan keberhasilan Anda dan perusahaan.

1. Kepemimpinan adalah tentang pengaruh
Pemimpin tahu cara memengaruhi orang lain secara positif. Pengaruh – baik sifat maupun pikiran – akan membawa perubahan. Kita perlu tahu cara meyakinkan orang lain, tapi tidak hanya dengan memerintah.

2. Kepemimpinan membutuhkan pendekatan
Mengubah pemikiran, sikap, bahkan prinsip seseorang perlu dilakukan dengan pendekatan yang tepat. Anda perlu memberikan daya tarik melalui logika, emosi, atau motivasi untuk mengubah pemikiran seseorang. Selain fokus pada pemikiran, Anda juga perlu fokus pada perilaku – dengan memberikan motivasi. Para ahli berpendapat bahwa perilaku lebih mudah diubah daripada sikap atau kepercayaan.

HAL YANG BUKAN KEPEMIMPINAN
Buang anggapan bahwa kepemimpinan adalah tentang berkuasa atau memerintah. Kepemimpinan lebih tentang keyakinan bahwa Anda dan tim akan mencapai sesuatu yang luar biasa, dan Anda yang memiliki kemampuan untuk menginspirasi dan menonjolkan keunggulan setiap orang yang Anda pimpin.

1. Kepemimpinan bukan untuk memanfaatkan kewenangan
Permasalahan yang sering ditemui adalah: kesulitan membedakan antara kewenangan dan kepemimpinan. Ya, wewenang memang dibutuhkan untuk mempertahankan hubungan vertikal antara satu orang yang mendominasi dengan orang lain yang mematuhi. Tapi, cara ini cuma akan membuat Anda memiliki bawahan, bukan pengikut. Orang akan mengikuti saat Anda memimpin, belum tentu begitu kalau Anda hanya mencoba mengatur mereka. Ingat bahwa Anda memimpin orang dan mengatur sumber daya. Anda bisa mengatur waktu, pekerjaan, atau uang, namun kepemimpinan akan selalu tentang orang.

2. Kepemimpinan bukan hanya sebuah posisi
Mungkin Anda memiliki jabatan tinggi dengan ruangan terbesar dan kursi ternyaman di kantor. Tapi, melampaui sebuah posisi, Anda perlu mengambil tindakan layaknya seorang pemimpin dalam segala situasi. Tugas Anda adalah membimbing tim Anda yang pada akhirnya akan membedakan Anda dengan para kompetitor dan berpengaruh pada nasib perusahaan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.