Lebaran sudah selesai, saatnya kembali dari kampung halaman. Namun, kesehatan para pemudik perlu diwaspadai jika dapat membahayakan kesehatan orang lain, apalagi yang sehari-hari berinteraksi dengan Anda dan anak-anak Anda.

Moms, penyakit TBC bisa sangat berbahaya dan harus dihindari dari anak-anak. Mereka bisa tertular dari orang yang sehari-hari berinteraksi dengan mereka, misalnya pengasuh yang mendampingi aktivitas anak di rumah atau supir yang mengantar jemput anak sekolah setiap hari. Kesehatan orang-orang yang ada di sekitar anak penting, karena juga dapat memengaruhi kesehatan anak Anda.

Para pemudik cenderung rentan terkena penyakit. Hal ini bisa disebabkan oleh stres menghadapi macet selama belasan jam, terkena debu dan polusi udara, berada di antara kerumunan orang yang sedang menderita suatu penyakit, mengonsumsi jajanan pinggir jalan yang kurang higienis, dan daya tahan tubuh yang menurun karena kelelahan.

Penyakit yang bisa muncul antara lain pusing, diare, gangguan pernapasan, hingga tuberkulosis (TBC). TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri dan menginfeksi paru-paru kita. Bakteri ini dapat menyebar dan menular melalui udara saat batuk atau bersin. Bahayanya, gejala TBC sering tak disadari oleh penderitanya karena sulit dibedakan dengan penyakit lainnya. Gejala penyakit ini antara lain adalah batuk (bisa berdahak atau bercampur darah), berat badan yang menurun drastis, demam, berkeringat saat malam hari, dan nyeri di dada.

TBC mungkin diderita saat mudik karena beberapa faktor, misalnya sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat kurang istirahat, berinteraksi dengan orang-orang di perjalanan yang menderita TBC, dan kurangnya fasilitas medis saat berada di daerah terpencil yang jauh dari perkotaan.

Moms, penyakit ini bisa sangat berbahaya dan harus dihindari dari anak-anak. Mereka dapat tertular TBC dari orang yang sehari-hari berinteraksi dengan mereka, misalnya pengasuh yang mendampingi aktivitas anak di rumah atau supir yang mengantar jemput anak sekolah setiap hari. Kesehatan orang-orang yang ada di sekitar anak penting, karena juga dapat memengaruhi kesehatan anak Anda.

Lalu, bagaimana cara menanganinya? Langkah paling aman dalam mencegah TBC adalah memastikan kondisi kesehatan orang-orang yang ada di sekitar anak Anda. Segera hubungi dokter jika Anda curiga dengan gejala-gejala TBC. Tanpa penanganan yang baik, TBC tidak hanya dapat memengaruhi paru-paru, tapi juga menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lain. Yuk Moms, jaga kesehatan anak-anak kita dan orang-orang di sekitarnya!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.